Buat temen-temen mahasiswa yang mungkin saat ini sedang pusing mencari tempat untuk internship (kerja praktek/magang) atau lagi butuh informasi bagaimana cara menjadi internship yang baik di tempat kamu bekerja? berikut ini saya menanyakan ke Tiga teman saya yang pernah melakukan internship di perusahaan advertising dan graphic house ternama.

Rd. Bagus – DENTSU

  • Bisa ceritain ga bagaimana ceritanya bisa masuk ke Dentsu?
  • Masuk ke Dentsu ? mungkin karena beruntung juga kali hahaha, sebelumnya udah nyebar-nyebar portfolio ke berbagai tempat dan diterima juga di salah satu tempat tersebut, lalu ada teman yang menyarankan dentsu karena dia punya kenalan di sana dan memberikan info orang HRD yang bisa dituju, karena nothing to lose, jadi gue juga masukin densu ke list hunting tempat magang deh, ohya portfolio yang dipakai untuk apply dentsu gue serahin langsung ke kantornya, biasanya ini lebih efektif tak lama setelah diterima di salah satu tempat, lalu dentsu menelepon untuk interview, setelah interview diminta menunggu 1 minggu, eh besoknya tak sampai seminggu ada telepon lagi dan ditawarkan magang disitu.
  • Bagaimana dengan ritme kerja di tempat advertsing besar seperti Dentsu?
  • Ritme kerjanya cepat dan padat untuk advertising dengan client yang cukup banyak dan besar seperti Dentsu, yang diprioritaskan sepertinya adalag orang-orang yang bisa kerja cepat dan bersedia full time alias bersedia lembur juga. tapi walaupun ritme kerjanya cepat namun tidak membosankan dan kaku karena orang-orang advertising di dentsu sangat mengasyikkan dan gila-gila.
  • Ada pengalaman menyenangkan & tidak menyenangkan selama kerja praktek disana?
  • Pengalaman menyenangkan ? banyak sekali, sangat banyak sampai sedih pas hari terakhir magang karena betah dengan suasana di sana. pengalaman menarik antara lain : sering diajak brainstorming untuk pitching yang sangat seru sekali, diajak internal meeting dengan orang jepang, diajak photo session ( ini paling menyenangkan ), diajak weekend dengan client ke dufan, kerja lembur sampai jam 12 malam, dll. Pengalaman tidak menyenangkannya sedikit sekali, paling hanya awal-awal magang waktu itu disuruh bantu beresin dummy alias motong-motong kertas dan nempel-nempel hehehe itu saja sih.
  • Ada saran untuk teman-teman yang mau kerja disana?
  • Ga bisa kasih saran banyak, karena mungkin keberuntungan juga yang memungkinkan gue masuk ke Densu, yaa saran-saran kecil seperti bikin portfolio yang menarik dan sesuai dengan bidang yg dituju ( kalo mw masuk advertising portfolio mungkin banyakin print ad, poster atau campaign ), ga usah ragu sebar portfolio ke tempat-tempat yang besar, nothing to lose ini, agar efektif sediakan waktu khusus untuk magang, tawarkan kepada mereka bahwa kita bersedia kerja full time termasuk lembur hal itu akan menjadi pertimbangan yang cukup menarik bagi mereka, kalo di panggil interview berpakaian sopan tak usah formal cukup sopan kalo untuk advertising internasional, jangan telat, berikan jawaban seperlunya saja.

Donny Artha – LOWE

  • Bisa ceritain ga bagaimana ceritanya bisa masuk ke Lowe?
  • wah itu mah rezeki buatt gue and ga nyangka … coz awalnya gue juga ga niat pengen KP (kerja Praktek) disana, nah gini critanya …. awal mula nya gue naro CV,Portofolio trus gue datengin langsung ke kntor LOWE and ngasih ke HRDnya ….. selang 1 minggu n 2 mnggu gw dipanggil and interview
  • Bagaimana dengan ritme kerja di tempat advertsing besar seperti Lowe?
  • wah disana enak banget soalnya pegawai-pegawai dsana orangnya ga diskriminatif and pegawai sama magang dianggap sama …. jadinya kita juga enak
  • Ada pengalaman menyenangkan & tidak menyenangkan selama kerja praktek disana?
  • menyenangkannya : – kalo ada kerjaan diluar kantor kaya bikin iklan ( wah itu paling enak soalnya kita bisa kenyang makan gratis trus … hahaha
    tdak menyenangkan : – suka malam trus , hahaha …..
  • Ada saran untuk teman-teman yang mau kerja praktek disana?
  • yah bagi yang suka dunia periklanan di coba aja apply k LOWE soalnya disana bakal banyak banget pengalaman.

Alvin – AHMETTSALINA

  • Bisa ceritain ga bagaimana ceritanya bisa masuk ke Ahmettsalina?
  • ceritanya begini anak muda, suatu hari saya keasikan bekerja bebas di suatu tempat, tak terasa 1 bulan terlewati. belom dapet-dapet tempat KP (emang males juga nyarinya). karena panik saya butuh wejangan dari guru-guru di fakultas, lalu ditawarkanlah suatu tempat namanya “Ahmettsalina”, untuk menggantikan posisinya. gue kenal karya-karyanya, langsung aja gue bikin buku portfolio gue, trus gue kirim, eh lusanya gue ditelepon bisa langsung kerja..
  • Bagaimana dengan ritme kerja di tempat advertsing besar seperti Ahmettsalina?
  • Sebulan kerja, gue nikmatin banget ritmenya yang terkadang cepet kadang juga lama. ralat, Ahmettsalina itu studio kecil dengan karyawan yang kurang dari 10 orang (tapi bisa exist, hebat ya). setelah itu, gue mulai jenuh.. yang namanya anak kemaren sore, mood-ian..
  • Ada pengalaman menyenangkan & tidak menyenangkan selama kerja praktek disana?
  • Pengalaman menyenangkan = desain diproduksi di depan mata kita, dan dikagumi orang. (puas, like this lah)
    pengalaman tidak menyenangkan = kucing – kucingan sama bos, hahaha (maap bos), hal ini sebenernya merugikan gue sendiri.
  • Ada saran untuk teman-teman yang mau internship disana?
  • saran gue, cari tempat KP yang mendukung minat kita (sebagai art director/ilustrator/grafis/multimedia) jangan asal dapet aja, hindarin tuh kata “gue mah di tempat om/bokap gw aja lah” atau “yang mana aja yang nerima gw apa adanya (lebay)”.  Anak magang persentasinya bisa 80% pasti diterima di suatu tempat, (karena bisa jadi “samsak” (hayo lo), hahaha.) tapi yang penting cari STUDIO DESAIN, bukan perusahaan umum (rumah sakit/tambang/pajak), kepinteran!
    satu lagi yang penting ; tunjukin kalo diri lo MAMPU, jangan kucing-kucingan mulu.