Untuk teman-teman mahasiswa desain yang mungkin butuh informasi tentang bagaimana cara membuat Company Profile, saya akan coba sedikit memberikan saran berdasarkan pengalaman membuat Company Profile yang pernah saya lakukan, semoga bermanfaat :)
Sebelumnya apa sih apa yang disebut Company Profile itu? Menurut saya Company Profile adalah sebuah bentuk ringkasan dan promosi dari sebuah perusahaan yang berbentuk buku maupun media lainnya seperti website. Company Profile berguna untuk menarik perhatian para calon stakeholder yang akan menanamkan saham maupun untuk melakukan kerjasama kepada perusahaan tersebut.
Lalu apa saja sih yang harus dilakukan seorang desainer untuk merancang sebuah company profile yang menarik ?

  • Riset. Jika mau membuat sebuah Company Profile sebuah perusahaan, ketahuilah terlebih dahulu segala hal tentang perusahaan tersebut. Jangan menerka-nerka, datangi langsung perusahaan tersebut, bila teman-teman adalah seorang mahasiswa yang datang untuk melakukan riset, saya yakin mereka akan menerima teman-teman dengan senang hati. Karena bagi perusahaan tersebut, membantu mahasiswa dalam mengerjakan tugas kuliahnya dapat membuat citra mereka “seakan-akan” peduli dengan dunia pendidikan, meskipun sebenarnya tidak, haha ^_^
  • Informasi. Berikan informasi yang jelas, jangan menuliskan terlalu banyak kalimat di dalam Company Profile tersebut. Sebuah Company Profile bukanlah sebuah novel, jadi yang harus dilakukan adalah menuliskan point-point terpenting pada perusahaan tersebut dalam sebuah kalimat yang efektif.
  • Kelebihan. Tunjukan segala macam kelebihan yang dimiliki perusahaan tersebut dan jangan tertinggal satupun juga. Semakin banyak kelebihan yang di tunjukan, maka akan semakin memperbesar ketertarikan pemegang saham pada perusahaan tersebut.
  • Ciri khas. Berikanlah sentuhan layout yang menjadi ciri khas dari perusahaan tersebut. Setiap perusahaan pasti mempunyai sebuah ciri khasnya masing-masing, bila tidak dapat menemukannya, coba carilah sebuah petunjuk yang dapat menjadi ciri khas yang potensial pada perusahaan tersebut.
  • Unik. Bila mau membuat Company Profile dalam bentuk print, maka buatlah sebuah Company Profile yang unik dan berbeda dari bentuk yang pernah ada, kerena sebuah perusahaan pasti ingin terlihat beda dan lebih unggul dari perusahaan lainnya, misalnya pada company profilenya kalian menambahkan pop up , die cut atau bentuk apapun yang dapat membuat orang yang melihatnya berkata “wow”, yang terpenting jangan sampai merubah ciri khas serta identitas perusahaan tersebut.

Menurut saya 5 hal tersebut yang paling penting dalam membuat sebuah Company Profile, saya yakin masih ada banyak hal penting lainnya yang terlewat. Jadi bila teman-teman ada ide lainnya tolong beri tahu saya, i would love to hear that :)

Note : artikel ini sudah pernah saya terbitkan di haloadri, kali ini saya posting ulang dengan penambahan dan koreksi kalimat, terimakasih.