Erotisme sebuah kearifan negeri timur

“in art, immorality cannot exist, Art is always sacred” August Rodin

Penggalan kalimat dari pelukis besar tersebut terpampang pada pameran Jerry T yang berjudul Eastern Wisdom the art of love, seakan ingin mempertegas bahwa tema erotisme yang diangkat pada pameran ini bukan semata mengumbar image seronok yang bagi orang timur dianggap tabu.

Seniman yang lahir pada tahun 1962 dan lulus dari Institut Kesenian Jakarta pada tahun 1994 ini dalam lukisannya seakan ingin menunjukan pesan sebuah wisdom (kearifan) sex bagi orang-orang di Timur adalah sesuatu yang indah dan mempunya arti penting bagi kehidupan pribadi dan bermasyarakat.

Bagi saya yang baru mengenal karya lukis beliau, pameran ini benar-benar dapat memenuhi dahaga saya akan kecintaan terhadap dunia kesenian, khususnya seni lukis dan instalasi, soalnya semua lukisan di pameran ini sungguh luar biasa cantik sih..sampai-sampai saya punya keinginan untuk membawanya diam-diam, hehe :P . Selain karya lukis, Jerry T juga memamerkan 3 jenis karya instalasi yang bagi saya benar-benar luar biasa, cantik dan mempunyai kesan yang kuat, gambarnya ada di bawah ini ;

  • Galeri Nasional Indonesia,
  • Jl. Medan Merdeka Timur 14, Jakarta
  • 26 November – 10 Desember 2009