Dialog kritis I Wayan Suja

Jam masih menunjukan pukul 9.30 pagi saat saya sampai di Galeri Nasional & tentu saja belum ada galeri yang buka pada pukul tersebut, kedengerannya niat banget yah? tapi yah saya memang niat mau melihat ada pameran apalagi sih yang ada di Galeri Nasioanl🙂. Sambil menunggu saya memperhatikan para pekerja yang saat itu sedang menurunkan & merapihkan rangka-rangka terpal yang pernah menutupi Galeri A Galeri Nasional pada pameran Made Winata berjudul Spotlight yang pernah saya bahas juga di blog ini.

Mythtical Beauty, itulah judul pameran yang saya kunjung di Galeri B Galeri Nasional, pameran tunggal seniman yang berasal dari Bali bernama I Wayan Suja ini merupakan pameran di Galeri Nasioanl yang berturut-turut menghadirkan 3 perupa dari Bali dalam 2 bulan ini, Waw…Bali memang tempatnya para Seniman🙂

Pameran ini merupakan kerjasama Galeri Nasional & Andi’s Gallery dalam kancah seni rupa kontemporer Indonesia. Saya yang baru mengenal gaya lukis dari I Wayan Suja dibuat cukup tertegun, semua lukisan yang dibuatknya menampilkan sosok wanita Bali yang sepertinya tampah terturupi plastic wrap, saya mengatakan seperti itu karena memang di dalam setiap lukisan Beliau terlihat adanya tekstur plastik atau kertas yang lecek.

Dikatakan bahwa pelukis yang memperoleh pendidikan formalnya di ISI Denpasar ini merupakan pergulatannya tentang Ni Pollock pada beberapa karya Le Mayeur. Buat anda para pecinta lukisan yang menampilkan sosok gadis Bali, jangan sampai melewatkan pameran tunggal I Wayan Suja berikut ini.

  • Galeri B Galeri Nasional
  • Jl. Medan Merdeka Timur 14, Jakarta
  • 10 – 20 Desember 2009