Jakarta sketch group, dari nama tersebut kita sudah bisa menebak dengam mudah kegiatan apa yang dilakukan para anggota-anggotanya, walaupun ini adalah sebuah grup baru yang masih kecil, akan tetapi jangan dianggap kecil semangat para anggota-anggotanya, meski banyak diantara mereka yang pada awalnya tidak saling kenal, bila dikumpulkan dengan satu hobi dan kesenangan yang  sama, maka yang terjadi adalah suasana akrab layaknya seperti teman lama.

Saya kebetulan mengetahui kegiatan ini dari Toro, salah satu anggota Mandor yang menjadi wakil dari perkumpulan tersebut serta menjadi satu bagian team support dalam mendukung kegiatan positif ini, dari sana lalu saya bertemu dengan Rafysa, bisa dibilang seluruh kegiatan ini berasal dari dia, berawal dari keinginannya untuk terus belajar serta berbagi dengan teman-teman yang mempunyai kesukaan yang sama, yaitu menggambar sketsa. Silahkan simak pembicaraan singkat saya dengan Rafsya dan Toro pada saat kegiatan tersebut berlangsung ;

Jadi acara ini pertama kali siapa yang nyelenggarain?
= gue sendiri
Kenapa?
= Pengen aja, sekalian nyari temen buat gambar, soalnya kalo gambar-gambar terus sendiri doang dirumah kan bosen yah, apalagi di sini kita bisa sambil sharing.
Kalo buat gue sendiri acara ini bisa ningkatin skil gambar, dan menurut gue kalo kita gambar bareng itu lebih cepet dari pada gambar sendiri, soalnya kalo gambar sendiri itu kan bisa tergantung mood, tapi kalo bareng-barang tuh beda, pengen nyari suasana yang beda aja🙂

Yang pertama kali itu di Ragunan yah?
= Iya
Nah…kenapa di Ragunan?
= em…Soalnya acara itu kan awalnya cuma untuk temen-temen gue aja, dan lagi rumahnya pada deket-deket daerah Jakarta Selatan semua, jadinya yaudah deh kita ambil tempat disana.
Dan kenapa sekarang meluaskan (peserta), apa karena kenal Mandor?
= Awalnya dari website, dan gue kenal Toro, awalnya gue ga tau kalo dia anak Mandor, dan kebetulan gue liat di blognya katanya Mandor pengen punya grup gambar, pas gue ajak ternyata dia mau.
Terus..kegiatan ini mau di bawa sampe mana nih ?
= Kalo kedepannya sih pengen banget buat kayak pameran dari sketch-sketch ini dan dibuat buku Sketch.
Kita agak mundur kebalakang dulu yah..jadi, siapa sih Rafsya?
= Dia itu seorang anak yang suka gambar dari SD gara-gara temennya, sekarang udah masuk jurusan di DKV Binus International, mau memperdalam lagi skilnya, trus dia sempet freelance T-Shirt designer yang bisa di cek di puppetvector.blogspot.com dan gue juga sering di Emptees, sekarang lagi pengen belajar animasi, lagi pengen buat karakter-karakter.
Acara ini rencananya pengen berapa kali ketemu?
= em, pengennya sih setiap seminggu sekali, soalnya biar kualitas seniman muda Indonesia itu cepet meningkat🙂


Sekarang mari kita bertanya ke Toro, mahasiswa Institut Kesenian Jakarta yang juga merupakan Officer Mandor ;

Kenapa mandor ikutan?
= Yah kita pada dasarnya kan emang sekumpulan orang yang suka gambar, terus kebetulan ketemuan Rafsya dan ngadain acara kayak gini jadinya makin asik, soalnya kita pernah mau punya rencananya buat acara kayak gini sama anak-anak Mandor, jadi nya sekalian aja kita ngumpul-ngumpul bareng disini.
Mandor akan terus mensupport?
= Teruslah

Semoga acara sketching ini dapat terus berjalan menuju arah yang lebih baik lagi, buat temen-temen yang belum sempet mampir ke Monas, jangan lupa untuk segera dateng ke acara Sketch berikutnya yang akan terus berubah setiap minggunya🙂