Di Facebook saya mendapat invitation dari seorang teman, isinya adalah undangan mendatangi Pameran di Bentara Budaya ‘Menjaga Warisan Umat Manusia’, keterangan yang saya dapat disana sangat sedikit sekali, yang tertulis hanyalah nama-nama beberapa fotografer yang sudah terkenal di Indonesia, dikatakan bahwa akan ada pameran dari karya fotografi mereka.

Siang tadi saya ‘bertualang’ menuju ke Bentara Budaya, dan yang saya temukan disana memang diluar dugaan saya, ternyata bagian fotografi yang ada di Pameran ini spacenya sangatlah kecil dan mendapat tempat di bagian akhir pameran. Tapi karena sudah terlanjur disana saya kelilingi saja semua lokasi pamerannya, dan ternyata saya mendapatkan banyak hal lain diluar ketertarikan saya di dunia Seni dan Desain, siang tadi saya seakan mengikuti kuliah arkeologi dari teman-teman Universitas Indonesia (UI) yang bertugas menjadi guide dan dengan amat ramah dan sabar menemani serta menjawab pertanyaan-pertanyaan saya tentang apa yang ada disana🙂.

Jadi pameran ini terbagai atas tiga bagian, bagian pertama bisa disebut bagian yang menampilkan sejarah penemuan serta latar belakang dari Candi Prambanan dan Candi Sewu, foto yang ada tepat di bawah ini adalah suasana ruangan bagian pertama.

Sedangkan foto yang ada dibawah ini adalah suasana ruangan bagian kedua, di sini terdapat banyak keterangan serta Informasi yang berkaitan dengan kedua Candi tersebut, di sinilah saya bertemu dengan Aji dan beberapa teman dari Fakultas Arkeologi UI yang sedang bertugas menjadi guide pameran ini, saya mendapat banyak sekali pelajaran serta pengalaman baru tentang Candi Prambanan dan Candi Sewu, saya diceritakan juga  tentang kehidupan ruang lingkup dunia arkeologi Indonesia yang masih sangat tertinggal jauh dengan negara lain, ternyata tidak hanya dunia seni dan desain yang tidak mendapatkan respon serta apresiasi yang cukup baik dari pemerintah, dunia arkeologi serta sejarah yang ada di Indonesia pun ditanggapi biasa-biasa saja dan bahkan terkesan tidak dipedulikan.

Foto dibawah ini adalah bagian ketiga dari pemeran Candi Prambanan & Candi Sewu ini, bagian yang menjadi tujuan awal saya untuk datang ke Bentara Budaya, ada perasaan campur aduk saat melihat pameran fotografi ini. Karya foto dari para fotografer terkenal Indonesia seperti Feri Latif yang ada disana dipajang dengan dinding kusam ruang pameran, sehingga saya seperti melihat wanita cantik dengan latar belakang yang penuh dengan kotoran, tidak nikmat rasanya..tapi dluar hal tersebut saya angkat topi dengan semua pihak penyelenggara pameran ini, karena tidak mudah untuk melakukan pameran yang bertemakan sejarah, selain itu adanya beberapa potongan arca serta stupa asli yang didatangkan dari Yogyakarta menjadi point lebih pameran ini, semua dekorasi serta penataan dan alur pengunjung pameran membuat saya nyaman berada di dalamnya🙂

Tidak ada salahnya dan bahkan saya sarankan untuk teman-teman datang ke pameran ini, ada banyak sekali ilmu pengetahuan yang bisa kita dapat dari benda benda bersejarah yang sering dilupakan orang. Oia, di pameran ini saya dikasih cukup banyak barang loh…ada pin, dan 2 brosur  yang bentuknya di desain sangat unik dan tidak membosankan sebagai sebuah brosur pameran sejarah.

  • Bentara Budaya Jakarta
  • Jl Palmerah Selatan 17, Jakarta
  • 15 Januari – 24 Januari 201