Re-post from my first blog, haloadri.wordpress.com. First post in 24 Ferbruary 2008, i’m sorry about the photo, its suck.

Salah satu acara seni rupa internasional yang paling saya tunggu-tunggu, kali ini di tahun 2009 mereka memakai tema ARENA, kenapa ARENA, intinya pihak penyelenggara ingin menghadirkan karya seni dan desain di ruang-ruang publik dan dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat luas. Untuk mendukung tema tersebut, Jakarta Biennale tahun 2009 ini diselenggarain di berbagai tempat umum seperti Senayan City, Grand Indonesia dan berbagai macam tempat umum lainnya seperti di Baliho di daerah Grogol serta Thamrin, juga berbagai macam seni Urban yang menggunakan dinding tol di depan Cilandak Town Square.

Untuk saya pribadi, perhelatan Biennale tahun itu lebih menarik dari tahun yang lalu, soalnya kita dapat dengan langsung dan mudah menikmati setiap karya yang ada di Jakarta Biennale 2009, sekarang saya mau ngereview pameran yang ada di mall super elite yang ada di Indonesia,  Grand Indonesia, haha..

Karya Donna Ong yang berjudul The Meeting  menampilkan puluhan poto boneka ini adalah sebuah penggambaran sejarah diplomatik Amerika – Jepang. Berdasarkan penjelasan yang ada di Katalog Biennele bahwa poto-poto boneka tersebut merupakan usaha untuk mengembangkan rasa saling memahami antar masyarakat dua Negara tersebut. Sebuah proyek yang disebut Proyek Boneka Persahabatan (Friendship Doll Project) ini pada akhirnya tenggelam akibat pengeboman di Pearl Harbor dan masuknya Amerika Serikat dalam kancah Perang Dunia II

ini beberapa photo karya Jakarta Biennale 2009 di Grand Indonesia lainnya,

Memang enggak semua karya saya photo, abisnya keasikan ngeliatin karyanya jadi lupa moto deh, haha..mudah-mudahan perhelatan Jakarta Biennele berikutnya bakal lebih lebih menarik lagi, can’t wait ^_^