"War For Who" - 2009-Polyester, iron-200x120x58cm

Pertama kali saya mengetahui tentang pameran ini yaitu dari website arkgalerie, jujur saya baru tau soal arkgaleri belakangan ini aja, wah….saya bego bangetlah dulu soal dunia seni rupa dan sekitarnya (sekarang juga masih sih :P), bermodalkan tekad dan semangat, saya yang belum mempunyai kendaraan pribadi ini akhirnya mencoba mencari dimana galeri tersebut berada. Sampai disana ternyata pameran WAR  oleh S Teddy D dipindahkan ke Akili Museum Of Art.  Beberapa hari kemudian saya pun kembali berpetualang lagi mencari lokasi Museum yang terletak di daerah Jakarta Barat tersebut, sampai disana saya tidak berhenti-berhentinya melongo takjub dengan suasana perumahan mewah yang ada disana, dan ternyataa..Akili Museum Of Art adalah galeri yang pernah saya impikan untuk mencoba datang kesana saat saya melihat artikelnya yang ada di majalah. Wah..jadi makin semangat deh rasanya berada di lingkuangan luar biasa seperti ini ^_^.

Ok, ketidaktahuan saya berikutnya adalah tentang siapa Seniman yang hendak saya nikmati karyanya di Akili Musem Of Art, siapa sebenarnya S Teddy D? buat para senior, maafkan atas kebodohan saya ini yah^^. Setelah melihat-lihat karya yang ada disana, akhirnya saya merasa pernah melihat karya S Teddy D di sebuah majalah, karyanya yang saya ingat adalah “Love Tank” yang pada tahun 2009 yang lalu dipamerkan di Museum Nasional Singapura.

Kali ini ternyata S Teddy D masih tetap setia dengan tema yang sering ia gunakan dalam berpameran, yaitu tentang kegelisahannya tentang perang, Seniman yang mempunyai latar belakang pendidikan di ISI Yogya ini seakan tidak pernah berhenti menanyakan apakah arti penting perang, semua pertanyaan tersebut di sampaikan dirinya melalui media lukisan serta instalasi.

"Sex and Destroy" - 2010-painted plywood,polyester

"Stay Violance Stay!!!!" - 2008-oil,charcoal on canvas-200x170cm

"Seed of Violance" - 2008-alumunium-20x40x20cm (each)

Sungguh banyak sekali makna tersirat dari setiap karyanya yang di pamerkan, seperti contoh adalah figur sebuah kepala berbahan alumunium yang digambarkan terkurung di dalam sebuah kerangkeng, yang mungkin menggambarkan sebuah keputusasaan serta ironi dari para korban perang yang seharusnya tidak menerima apa yang mereka rasakan.

Suasana Akili Museum Art yang nyaman dan tenang membuat saya yang datang melihat merasa diperlakukan spesial, spesial karena saya tidak harus mendengar berbagai macam suara tidak penting yang mengganggu ke asyikan saya dalam menikmati semua karya yang dipamerkan sampai ke lantai kedua ini. Sebenarnya saya pengen banget bisa melihat karya S Teddy D yang berjudul “Love Tank”, saat saya melihat karya tersebut di sebuah majalah, saya merasa takjub dengan susunan instalasi berbentuk tank berwarna pink yang disusuan menjulang tinggi keatas, luar biasa.

"Bodhi's Tank" - 2008-oil on canvas-200x150cm

  • Akili Museum Of Art
  • Mutiara Kedoya Block A1 – JKLM Jakarta 11520
  • 23 January – 6 February 2009