Inilah dia pameran kedua di ViviYip Artroom 2 setelah sebelumnya di isi oleh Seniman legendaris Indonesia, Sardono W Kusumo. Berbeda dengan pameran sebelumnya, kali ini karya yang paling mendominasi ruang pameran adalah hasil dari scannography, apakaha itu scannography? sebelumnya yuk kita dulu siapa senimannya🙂

Sebenarnya tidak banyak yang saya ketahui dari sosok Angki Purbondano, saya memang pernah melihat sosok dirinya dan karya scannography miliknya, tapi saya justru enggak tau kalo pria tersebutlah yang ternyata membuat karya yang fotonya pernah saya lihat di suatu majalah seni rupa^^.

GENERAL - printed on transparancy paper-zing neon box installation-i detion neon box series-100x15x85cm

KATANA - printed on transparancy paper-zing neon box installation-i detion neon box series-100x15x100cm

Dulunya dan bahkan sampai saat saya melihat karya-karya disana, saya kira semua yang di pajang adalah hasil fotografi, dan ternyata saya salah, semua karya disana adalah disebut scannography, menurut yang tertulis di katalog pameran ini, scannography adalah metode rekam digital dengan menggunakan mesin scan; scanner. Metode ini prinsip kerjanya sangat berbeda dengan kamera, mesin scan tidak mempunyai ruang tajam luas, area rekamnya sangat sempit dan datar.

Ternyata dari kekurangan area rekan yang terbatas, justru dapat menghasilkan sebuah image yang mempunyai ciri khas yang sangat kuat dan menarik untuk dilihat, apalagi ditambah dengan kejelian Angki dalam meramu objek-objek yang mungkin tidak pernah terpikirkan, melihat dari setiap karya scannography yang ada disana saya merasa kagum dengan kemampuan Angki dalam mengkombinasikan objek satu dengan objek lainnya, contohnya adalah keunikan Angki dalam mengeksplorasi makanan kemasan di Jepang dengan foto jaman dulu, hasilnya ternyata luar biasa, kombinasi yang tidak biasa tersebut diluar dugaan cocok dan sangat harmonis.

Pameran ini sebenarnya merupakan oleh-oleh Angki yang pada bulan September-November 2009 yang lalu diundang oleh Fukuoka Asian Art Museum pada acara The 4th Fukuoka Asian Art Triannale, dari perjalanan tersebut Angki mengumpulkan segala macam perjalanannya hingga terkumpul sebanyak 2 folder. Waaw…sungguh suatu pengalaman yang luar biasa😀

Tunggu artikel obrolan saya dengan Angki Purbandono sebentar lagi!😀

  • Vivi Yip Artroom2
  • Annaxe Ciputra World Marketing Office, Jakarta Selatan
  • – 28 February 2010