Tidak banyak pameran lukisan yang mengkhususkan memerkan suatu tema sosial secara eksplisit. Pameran “Truth, Compassion, Tolerance” atau dalam bahasa Indonesianya adalah “Sejati, Baik, Sabar” adalah suatu pameran yang dapat membuka mata kita tentang suatu tragedi yang pernah terjadi di China, suatu tragedi tidak berprikemanusiaan yang menimpa para pengikut Falun Gong (dafa).

Kalimat “Sejati, Baik, Sabar” itu sendiri merupakan suatu inti pengajaran dalam Falun Gong, menurut www.falundafa.or.id Falun Gong adalah kultivasi peringkat atas yang berupa suatu sistem perangkat latihan yang benar-benar secara nyata dapat memperbaiki dan meningkatkan moral, tubuh dan spiritual seseorang menuju ke tingkat yang lebih tinggi.

Tragedy In China - Li Yuan (Tokyo, Japan)-Oil on canvas-48x36cm

The Call Of Innocence - Chen Xiaoping (Vancouver, Canada)-oil on canvas-36x26cm

Pameran ini menampilkan lukisan dengan cat minyak yang dihasilkan dari berbagai macam seniman, ada seniman yang pernah menjadi saksi serta korban dari tragedi ini, dan ada pula Seniman yang mendukung dalam memprotes tragedi memilukan ini.

Melihat semua lukisan yang ada di pameran ini membuat hati saya terganggu, dalam arti saya merasa iba dan kasihan oleh para korban, semua lukisan tergambarkan dengan sempurna, karena semua lukisan di pameran ini digambarkan dengan gaya realis yang membuat kita dapat semakin merasakan penderitaan para korban tragedi tersebut, yang unik meski hampir setiap lukisan di pameran ini merupakan karya beberapa seniman yang berbeda, kita masih dapat merasakan kesamaan dari tiap lukisan tersebut, sehingga kita memang seakan diajak melihat ke satu arah tujuan dari pameran ini.

An Orphan's Sorrow - Dong Xiqiang (Los Angeles, USA)-Oil on canvas-48x48cm

Pemeran yang berakhir pada tanggal 18 February yang lalu ini seakan menjadi sebuah Diary, diary yang di dalammnya terdapat kisah yang memilukan, serta semangat positif dan titik balik suatu tragedi. Detail tiap lukisan yang ada disana cukup membuat saya betah berlama-lama memperhatikan setiap bagian dari lukisan tersebut. Luar biasa.