Sudah lama sekali tidak diselenggarakan sebuah pameran seni rupa kontemporer yang dalam sisi tampilannya di tampilkan luar biasa seperti pameran yang berjudul ‘The Second God’ ini. Luar biasa karena dari tampilan luarnya saja kita sudah disuguhi oleh sebuah karya instalasi berukuran sangat besar, tulisan “GOD” tersebut seakan memancing setiap orang yang melewati Galeri Nasional untuk datang melihat dari dekat, dan sebenarnya dari ‘kalimat pembukaan’ tersebut kita sudah diberikan petunjuk tentang tema apa yang menjadi point utama dari pameran ini.

‘The Second God’ adalah sebuah pameran seni rupa yang diselenggarakan oleh JAM (Jakarta Art Movement), JAM adalah sebuah komunitas yang terdiri dari 16 kelompok kreatif yang berisi sekitar 100-an orang, kelompok tersebut antara lain : kelompok 3D Studio, Aryo and Tarumanegara, Ex-Serrut, SEXI, Kalatida, Begoendal, Kama Art, Ancol, Tato, Kebun Raya Bogor, Fakebook, Kezia Plus, Askes, Iluminasi, Nasya, dan Kelompok Mataair. Komunitas tersebut bukan hanya terdiri dari mereka-mereka yang berlatar belakang ilmu kesenian, akan tetapi juga ada yang berasal dari latar belakang dan keilmuan lainnya seperti pembuat robot, pembuat film, footografer Arsitek dan bahkan masyarakat umum.

The Second God merupakan sebuah bentuk pertanyaan kepada manusia yang belakangan ini seperti telah menemukan Tuhan kedua mereka. Pertumbuhan dan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin cepat seakan telah membuat manusia lupa akan hakikat dirinya sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang diberi kehidupan diatas Dunia, keberhasilan serta kekayaan yang diraih oleh manusia juga ternyata mampu mengalihkan pandangan kita sebagai makhluk ciptaan Nya.  Semua kegelisahan tersebutlah yang menjadi tema utama dari pameran The Second God, JAM berusaha menangkap moment tersebut yang dikeluarkan dalam bentuk karya seni yang terbuat dari berbagai macam media.

Menyenangkan sekali bisa berada dalam sebuah event pameran seni rupa yang banyak menampilkan beragam karya seni yang merupakan terjemahan pikiran dari berbagai macam kelompok komunitas yang mana di dalam setiap anggota komunitas tersebut mempunyai latar belakang yang berbeda. Pameran yang berakhir pada tanggal 28 February yang lalu ini diharapkan dapat menjadi pemicu semakin meningkatnya dunia seni rupa Indonesia yang tidak hanya di merupakan milik para seniman, tapi juga diharapkan dapat bersentuhan langsung dengan masyarakat umum sebagai pencipta.

Exhibition Name : The Second God
Place : Galeri Nasional
Curator : Bambang Asrini Widjanarko, Ilham Khoiri, Seno Joko Suyono, Imam Muhtarom
Time : 21 February – 28 February 2010
Artist : Ario & Robotic UNTAR, Ancol Plus, FAKEBOOK, Agus and TATO, 4Friends, e(X)serut, Jalan Baru, SEXi, Begoendal, TIGADESTUDIO, Kezie and Friends, ASKES, Agus Budiyanto and Friends, Dream Icon