Rasanya seperti mimpi bisa menjadi saksi dari  kemajuan dunia Street Art di Indonesia,  saya ini memang bukan seorang pelaku alias Street Artist tapi lebih suka disebut sebagai penikmat. Sejauh pengetahuan saya, belum ada satupun Street Artist Indonesia yang melakukan pameran di Galeri yang bersifat komersial seperti yang dilakukan Dartbotz ini, jadi bisa dibilang pameran ini merupakan suatu kemajuan yang sangat baik sekali bagi dunia Street Art Indonesia.

Di dunia Street Art Indonesia, Darbotz sudah mempunyai posisi yang menurut saya cukup kuat, ciri khas ‘CUMI’ nya seakan tampil menampar karya-karya grafiti lainnya dan memaksa kita harus memperhatikan tiap detail dari goresan tangannya. Saya rasa di Indonesia baru Darbotz street artist yang dalam setiap karyanya mempunyai detail yang tinggi, bahkan pola yang ia ciptakan -meskipun bukan pola baru- sudah menjadi trademarknya, sehingga jika kita melihat pola seperti itu langsung yang terlintas dikepala adalah Cumi nya Darbotz (atau cuma saya saja yang berpikir seperti itu?:P)

'Untitled' - Mixed media on Canvas-50cm

'Monster' - Acrylic on canvas-190x100cm

Saya cukup penasaran akan jadi seperti apa Darbotz setelah pameran ini selesai, karena mungkin secara tidak langsung, proses ia berkarya di jalan dengan segala persiapannya menyelesaikan karya untuk pameran cukup berbeda, saya melihat ada media-media yang jarang atau bahkan hampir tidak pernah digunakan Darbotz dalam menggoreskan karyanya, yaitu Kanvas, dalam suatu pameran yang bersifat komersial, penggunaan Kanvas oleh setiap seniman dalam berkarya bagaikan tiket masuk dalam berpameran, meski banyak karya-karya seni dibuat dengan media lain, Kanvas seakan menjadi media yang wajib digunakan.  Kita lihat saja nanti🙂

'Bullet' - Mixed media on Resin-16cm

'C.U.M.I' - Acrylic on Resin-13cm

'Twisted' - Acrylic on Netherland teak-200x100cm

Oia, ini pertama kalinya saya ke D Gallerie, tempatnya cozy dan sangat asik sekali,  konsep Galeri yang menyatu dengan kafe sepertinya memang banyak di Indonesia yah? memang tidak bisa dipungkiri, kedua tempat tersebut memang pasti memiliki hubungan yang saling menguntungkan.

Masih ada 2 hari lagi buat teman-teman yang belum mampir ke pameran tunggal Darbotz, Kabar gembira, sang Monster akan lebih lama di D Gallerie sampai dengan tanggal 26 Maret 2010, buat yang menyukai dunia Visual khususnya Street Art, rasa haus kalian terhadap street art pasti dapat terpenuhi atau bahkan belum? melihat karya-karyanya Darbotz memang selalu ketagihan yah? itu yang saya rasakan..

Exhibition Name : Monster Goes Out At Night
Place : D Gallerie
Curator :Alia Swastika
Time : 5 – 26 March 2010
Artist : Darbotz