'Mother' - Adi Gunawan-Fiberglass

Pameran seni rupa di Indonesia rupanya sudah tidak malu-malu lagi mulai masuk ke ranah yang lebih memasyarakat, mall dipandang sudah cukup mampu menjadi alternatif kedua di samping galeri & artspace yang semakin menjamur di Indonesia.

Salah satu mall yang saya amati cukup sering bersentuhan dengan seni adalah Plaza Indonesia, salah satu mall tertua di Indonesia ini kini telah mencapai umur 20tahun nya di bulan Maret 2010. Selain gelar acara mewah lainnya, Art Festival menjadi salah satu bagian acara yang mewarnai mall elit in, bila teman-teman berkunjung kesana sebelum bulan Maret 2010 ini berakhir, jangan kaget bila tiba-tiba anda akan menemukan ada ‘benda asing’ yang jarang anda temui di dalam sebuah mall. Ya, pihak Plaza Indonesia sepertinya ingin berbagi kebahagiaan semarak 20 tahun mereka dengan cara menyebarkan karya para seniman-seniman Indonesia di segala penjuru sudut mall.

'The Kiss" - Arya Pandjalu-Plastic Balls-209

'BOOM' - Meiza(aka Tellthem)-Fiberglass

Sangat mengasikan rasanya melihat karya seni berbaur dengan ramainya suasana pengunjung mall, lucunya kita dapat melihat bentuk apresiasi yang berbeda-beda dari setiap pengunjung yang datang mendekati karya seni tersebut, ada yang memperhatikan detailnya dengan seksama, dan ada pula yang berakhir menjadi objek narsis pengunjung.Bisakah anda menemukan keseluruhan karya seniman yang ada di Plaza Indonesia ini?:)

'Giant Step' - Gusmen Heriadi-Fiberglass-2008

'Giant Step' - Gusmen Heriadi-Fiberglass-2008

'High Spirits' - Benny Messa-Alumunium/ketok,cat-2010

'High Spirits' - Benny Messa-Alumunium/ketok,cat