Salah seorang pelukis Indonesia yang sudah lama berkiprah sebagai seorang pelukis ini bisa dibilang sedang merayakan Ulang Tahun ke 50 nya dengan cara yang tidak biasa, ya, Hanafi yang kelahiran tahun 1960 ini sengaja mempersiapkan sebuah pameran tunggalnya di Galeri Nasional saat ia genap berusia 50 tahun.

Ada apa di umur 50 tahun, bila kita melihat dari jumlah angkanya, 50 tahun berarti sudah tepat setengah abad umur kita berada di dunia, dan bagi Hanafi di umur 50 tahun ini bagaikan sebuah langkah baru di dalam dunia berkeseniannya. Semua lukisannya yang dipamerkan kali ini terasa berbeda dengan ciri khas lukisannya terdahulu yang lebih ‘ramai’, meski masih tergolong abstrak, bentuk lukisannya kali ini lebih terasa menonjolkan pesan tertentu, banyaknya ruang kosong dan penggunaan elemen garis semakin mempertegas perubahan tersebut.

'Jalan Menuju Pulang' - Acrylic On Canvas-220x270cm-2010

'Memandang Terbalik' - Instalasi-2010

Selain lukisan ada banyak sekali karya Instalasi Hanafi di pameran tunggalnya kali ini, begitu kita masuk ke dalam ruang pamer kita akan langsung disambut oleh sesosok manusia yang tergantung terbalik, di tengah ruangan ada setumpuk karung beras yang lengkap dengan isi berasnya, sedangkan di bagian dalamnya kita akan melihat sebuah instalasi yang terbentuk seperti kain pel raksasa dimana kainnya terbentuk dari kasur kapuk.

'City Farmer' - Instalasi-2009

'Aku Mau tinggal di sini ' - Acrylic on Canvas-220x200cm-2010

Beberapa orang mengatakan apa yang ditunjukan Hanafi dalam pameran kali ini tidak mempunyai perubahan yang berarti, dimana lukisannya terasa lebih berkiblat kepada konsumen, alias memuaskan pasar. Apapun itu bagi saya pameran ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa bagi seorang Hanafi, penyajian pameran tunggalnya kali ini pun sangat saya nikmati. Bila teman-teman melewati pameran tunggalnya di Galeri Nasional, anda masih dapat melihatnya lagi di Komaneka Fine Art Gallery di Ubud, Bali pada tanggal 3 Juli hingga 3 Agustus 2010.

Exhibition Name : Saat Usia lima puluh
Place :Galeri Nasional
Curator : Jim Supangkat & Jean Couteau
Time : 6 April – 18 April 2010
Artist : Hanafi