Menjelang diselenggarakannya acara puncak IGDA (Indonesian Graphic Design Award) di akhir Mei 2010, pada hari Kamis 22 April yang lalu berlangsung acara gathering di kantor LeBoYe Design, Kemang Selatan 99A, dihadiri oleh para stakeholders (panitia penyelenggara, juri, kurator, peserta dan industri terkait). Acara yang berjalan meriah sejak sore hingga malam hari itu dibuka dengan salam pembuka oleh Nisaa Pb, dan disusul oleh Ismiaji Cahyono dan Eka Sofyan Rizal –keduanya dari tim kuratorial– yang menerangkan mengenai pembagian kategori award dan proses penjuriannya, diikuti dengan tanya-jawab untuk menampung aspirasi para undangan, dan dilanjutkan oleh Surianto Rustan dengan penjelasan mengenai acara penganugerahan penghargaan yang akan berlangsung di Salihara, Jalan Salihara 16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Setelah diselingi dengan makan malam bersama (menu bebek golly yang lezat), acara berlanjut dengan perkenalan bersama para juri dan kurator yang dipandu oleh Ismiaji Cahyono dan Eka Sofyan Rizal. Caroline F Sunarko dan Resita Kuntjoro-jakti kemudian menerangkan mengenai proses kepesertaan pada ajang penghargaan ini yang diikuti oleh acara tanya-jawab. Acara kemudian ditutup dengan ramah tamah diiringi oleh alunan musik dari grup band mahasiswa-mahasiswa DKV Untar.

Yang menarik sekaligus juga mengharukan adalah kehadiran lintas generasi pada acara tersebut, yang berasal dari lima angkatan, dimulai dari yang paling senior (AD Pirous, Ketua Dewan Juri), kemudian Iwan Ramelan, Priyanto Sunarto, Yongky Safanayong, T Sutanto dll, hingga ke generasi termuda yang baru menuntut ilmu di DKV Untar, Binus, UMN dsb. Di antara tamu undangan tampak hadir Gauri Nasution, Hanny Kardinata, Sita Subiyakto, Irvan A Noe’man, Didit Widiatmoko Suwardikun, Riama Maslan, Triyadi Guntur, Firman Lie, Peter Natadihardja, Jonsen John, Nisaa Pb, Hagung Sihag, Hastjarjo Boedi Wibowo, Bima Shaw, Liesna Sulistiowati Shaw, Mendiola B Wiryawan, Devi Kurniawati Homan, Ray Bachtiar Drajat, Ronald Holoang, Arif PSA, Noorwulan, Kiki Rizky Fitria Hakim, Lambok, Albert Tejasukmana, Lukluk Galeb, Fauzi Raisyuli, Soraya Ei, Herdiyanto, Yeremia Kurniawan, Alink Marschshellyne, Ika Putranto, Thomdean, Tri Anu, Sammy Suyanto, Fuad Ahmad, Roslyn Wiria, Shelmi Setiawan, Aik Montesz, Hendry Ong, Nana Christian, Ivan Jasadipura, Fauzi Raisyuli, Edy Galaxcy, Harry Mores, Caroline Tanuwidjaya Wong, Aaron Tobias, Yalie Yoe, Shiva Sang Fransiscarivan, William Budiyana, Rian Juvents, Afif Chandra Kusuma, Albert Darmawan, Bartholo Bush Sawa, dan banyak lagi.

Terima kasih sebesar-besarnya kepada tuan dan nyonya rumah yang sangat generous, Hermawan dan Engel Tanzil, para tamu undangan baik dari Jakarta maupun yang datang dari luar kota yang telah menyempatkan diri untuk hadir, serta seluruh anggota panitia IGDA yang dengan tulus telah bekerja keras mewujudkan acara ini. Juga terima kasih kepada rekan-rekan dari Surya Palacejaya yang telah membantu panitia dengan sepenuh hati, dan kepada adik-adik mahasiswa/i dari berbagai DKV yang dengan tidak mengenal lelah telah bekerja bahu-membahu bersama panitia.

Sampai jumpa pada malam penganugerahan penghargaan IGDA di Salihara 23 Mei nanti. Tuhan menyertai dan memberkati upaya kita bersama, demi kejayaan desain grafis Indonesia!

PS. Masih terbuka kesempatan untuk mengirimkan karya hingga tanggal 5 Mei 2010, langsung ke Komite IGDA di jalan Manggis 60, M Kahfi1, Ciganjur, Jakarta Selatan 12630.

Tulisan: Hanny Kardinata, foto: Theresia Tjahjadi.

.
Trophy IGDA karya Singgih Susilo Kartono. Sebelah kiri, untuk desainer grafis junior: “Menuju puncak”, sebelah kanan untuk desainer grafis senior: “Makin berisi, makin merunduk”.

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

All Photo and article from DGI-Indonesia.