FGDI kembali melakukan suatu terebosan baru dalam dunia Desain Grafis Indonesia, setelah sebelumnya menyelenggarakan Penganugerahan, kini FGDI mengadakan suatu acara yang di sebut Clinic, yang unik dan menarik dari Clinic ini adalah setiap pengelenggaraan acara ini FGDI bekerjasama dengan 1 kampus tertentu, untuk Event pertama ini FGDI bekerjasama dengan Fakultas Desain Universitas Tarumanegara dengan pembahasan tentang Logo & Branding.

Ada 3 narasumber yang di undang dalam acara ini, yaitu Eka Sofyan Rizal (Ketua FGDI dan Pendiri Paprieka Design), Surianto Rustan (Penulis buku ‘mendesain logo’ dan pendiri Rustan Grafis), dan Yasser Rizky (Pengajar DKV Binus & Graphic Designer).

Acara dimulai 30 menit lebih lama dari waktu yang sudah ditentukan, pembicara Pertama adalah Eka Sofyan Rizal, meski saat itu beliau datang dengan kondisi tidak enak badan, Pak Eka tetap dengan antusias memulai materinya dimana ia mencontohkan proses sebuah logo terbentuk melalui studi kasus Logo yang sedang ia kerjakan. Pak Eka mengatakan bahwa seharusnya sebuah logo harus unik dan tidak familiar dengan logo lainnya, karena bila sudah familiar maka Logo tersebut sama saja dengan logo-logo lainnya.

Pembicara Kedua adalah Bapak Surianto Rustan, sesi berlangsung dengan sangat menarik karena Pak Surianto Rustan berkali-kali mengeluarkan joke ringan yang membuat penonton terhibur, dalam sesi ini Pak Suarianto Rustan mengatakan bahwa sebagai seorang Graphic Designer kita harus mempunyai nilai lebih di mata klien sehingga apa yang kita kerjakan dapat dibayar tinggi, ia juga mengatakan bahwa penting bagi seorang graphic designer untuk mengedukasi Kliennya sehingga sang klien tau bagaimana proses bekerja sesunggunya seorang Graphic Designer.

Setalah di isi jeda istirahat kurang lebih 15 menit, sesi pembicara ketiga pun dimulai, Yasser Rizky, seorang graphic designer yang memiliki karakter yang unik menyampaikan sekaligus menceritakan proses ia dari lahir hingga kini menjadi seorang graphic designer, ia menceritakan bahwa ada masa-masa dimana proses desain yang dikerjakannya hanya merupakan mediocore atau pengikut, sampai suatu saat akhirnya ia memutuskan untuk keluar dari moment tersebut dan mulai mendesain yang lebih ‘nyeleneh’ dan mempunyai karakter yang kuat.

Terimakasih banyak buat FGDI yang sudah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada Out Of The Box Indonesia untuk menjadi oficial Blog dalam acara ini, semoga Event berikutnya bisa lebih meriah dan menarik lagi. Hidup Desain Grafis Indonesia!