Vannesa Art Link, salah satu galeri yang tergabung dalam Jakarta Art District, saat ini mempersembahkan salah satu pameran lukisan yang menarik dan berbeda dari yang pernah ada, bertempat di hall utama Jakarta Art District, Vannesa Art Link menyelenggarakan pameran tunggal Kiki Rizky Soetisna Putri, Kiki atau sering akrab di panggil Kimung adalah seorang seniman lulusan ITB, dengan umurnya yang masih muda Kimung harus menyeimbangkan kehidupannya sebagai seorang pelukis, seorang istri dan bahkan ia telah menyelesaikan Studi Master Seni Rupa di ITB di tahun 2010 ini.

Recollective Line adalah pameran tunggal pertamanya sebagai seorang pelukis. Sebelumnya Saya sama sekali belum pernah melihat lukisan milik Kimung, baik lukisannya yang dahulu dikatakan diawali rekaman jejak-jejak Urban maupun lukisannya yang saat ini dipamerkan di Jakarta Art District. Yang saya ketahui hanyalah apa yang sudah ia lakukan dalam proses kreasinya yang tercemin dari Pameran Recollective Line adalah bahwa Kimung telah keluar dari batasan medium suatu Kanvas, menurut saya ia telah melakukan sesuatu yang Out of the Box dan beda dari pelukis kebanyakan.

Yang membuatnya berbeda adalah adanya penggunaan benang Nylon di dalam Kanvasnya, memang ada beberapa pelukis yang menggunakan unsur lain selain cat di dalam lukisan, tapi bila melihat benang Nylon, saya rasa baru Kimung yang menggunakannya.

'Untitled#3' |Oil, Acrylic & Nylon yarn on Canvas | 90x90cm | 2010

Kehadiran benang Nylon di dalam lukisan miliknya bagi saya justru meningkatkan suasana yang ingin dibangun sang pelukis, terasa dramatis sekaligus indah dilihat. Nylon tersebut seperti mewakili satu sudut hati Kimung yang mungkin berhubungan dengan kehidupannya sebagai seorang perupa. Saat berkunjung ke pameran tunggalnya yang pertama ini, anda mungkin akan teringat dengan memori masa kecil, Kimung mengangkat suasana taman bermain yang penuh warna-warni dan keceriaan, semua jenis permainan yang ada di Taman Bermain ia lukiskan di dalam lukisannya, kehadiran figur manusia yang selalu digambarkan dengan lilitan benang Nylon seperti menceritakan sesuatu yang tidak kita ketahui, justru dengan begitulah setiap orang yang melihat lukisan dirinya dapat menginterpretasikan figur manusia tersebut secara masing-masing.

'Separated Conectivity' | Oil, Acrylic & Nylon yarn on Canvas | 150x200cm | 2010

Exhibition Name : Recollective Line
Place : Vannesa Art Link (Jakarta Art District)
Curator : A. Rikrik Kusmara
Time : 23 September –  3 Oktober 2010
Artist : Kiki Rizky Soetisna Putri