Di awal Bulan Oktober 2010 ini kita kembali disuguhi oleh pameran berkualitas yang merupkan event internasional, buat anda yang berprofiesi sebagai designer seperti saya, bersyukurlah karena The Type Directors Club (TDC) pada tahun ini menjadikan Indonesia sebagai tujuan pameran mereka.

The Type Director Club

Menurut yang tertulis di informasi pameran, The Type Directors Club atau disingkat menjadi  TDC adalah suatu organisasi Internasional yang bertujuan mendukung kesempurnaan sebuah Typography, baik dalam bentuk Print (cetak) atau dalam bentuk layar kaca. Didirikan pada tahun 1946, TDC mempersembahkan yang terbaik dari desain sebuah Typography maupun dari segi fungsinya. Event yang diselenggarakan 2 taun sekali ini pada tahun ini diselenggarakan di Indonesia, berkat Studio Kudos yang dipimpin oleh John Kudos lah TDC bisa diajak untuk berpameran di Indonesia. Di tahun 2010 ada toral sekitar 1500 peserta yang mendaftarkan diri mengikuti kompetisi TDC ini, dari jumlah tersebut tercatat ada 32 negara yang berpatisipasi, 688 peserta atau 46% berasalah dari amerika, dan 812 atau 54% sisianya dari negara-negara lain seperti Australia, Asutria, Canada, China, England, France, Germany, India, Japan, Korea, Macau, Netherlands, New Zealand, Norway, Portigal, Slovenia, Spain, dan Switzerland.

Opening Event

Pameran ini dimulai tanggal 1 Oktober dengan acara talkshow bersama dengan John Kudos dan Surianto Rustan, acara dimulai pada pukul 4 sore dengan dibuka oleh Caroline F Sunarko dan dilanjutkan dengan presentasi singkat oleh Surianto Rusan mengenai Typography, Surianto banyak mengambil contoh-contoh  typography yang ‘bermasalah’ dan meminta peserta yang menonton untuk mengidentifikasi masalah apa yang terdapat dalam desain typo tersebut. Tidak lama presentasi dilanjutkan oleh John Kudos, John adalah orang Indonesia yang tinggal menetap dan bekerja di Amerika, ia mendirikan studio desan sendiri yang diberinama Studio Kudos. Presentasi oleh John di awali dengan mengenalkan tentang apakah itu The Type Directors Club, dan dilanjuti dengan memperlihatkan contoh-contoh desain katalog TDC terdahulu yang ternyata sangat unik dan bericiri khas. Setelah kedua pembicara selesa berpresentasi, acara dilanjutkan dengan tanya jawab oleh peserta dan lalu di akhir pada pukul 17.30.

The TDC Exhibition & THE STOLEN BRAND seminar

Pembukaan pameran berlangsung dengan baik dan menarik, semua hasil desain peserta kompetisi di pajang di space yang disediakan oleh Alun-Alun Indonesia. Berbagai jenis desain Typography mengihiasi ruang pamer, mulai dari poster, buku, hingga ke botol minuman dengan desain typography yang menarik. melihat semua visual yang ada disana seperti sedang memanjakan mata dan hati saya, karena ada banyak sekali olahan Typography yang sama sekali belum pernah saya lihat dimana-mana.

Selain mengadakan pameran TDC, event ini juga diramaikan oleh sebuah seminar yang sungguh sangat disayangkan sekali bila di lewatkan, ‘The Stolen Brand’ adalah nama Seminar yang akan diadakan pada hari Kamis tanggal 7 Oktober 2010, mengapa saya bilang bahwa anda akan menyesal bila melewati Seminar ini? tentu saja selain karena seminar luar biasa yang menghadirkan nama-nama besar seperti John Kudos, Kiki Kitahara, Masashi Kuwamara, Mendiola B Wiryawan, Daniel Surya, Amalia E Maulana, tema yang menjadi topik seminar ini merupakan topik yang sudah sering menjadi issue menarik di dunia grafis, dan akan menarik bagaimana para pembicara tersebut mengutarakan apa yang ada dipikiran mereka masing-masing.

The Stolen Brand : Branding Seminar ini akan diselenggarakan di PALALADA (Alun-Alun Indonesia) pada hari Kamis, 7 Oktober 2010 pukul 10.00-16.00.

Untuk tiket dan informasi hubungi Caroline Wong 0817-999-2992 atau Candra 0819-3124-8200 atau kunjungi http://events.studiokudos.com/the-stolen-brand/