Usia 5 tahun dalam perkembangan hidup manusia mungkin sedang dalam tahap mulai mengenal dunia, mengenal & menyerap kata-kata serta berbagai macam pelajaran baru yang ia terima. Philo Art Space, sebuah galeri yang bertempat di daerah Kemang ini sedang merayakan tahun ke 5 nya, dengan merayakan di Galeri Nasional, Philo Art Space mengangkat tema Tramendum serta mengajak banyak seniman-seniman besar Indonesia sebagai kado Ulang Tahunnya.

Menurut Tommy F Awuy, pemilik, seniman sekaligus orang yang selalu mengkuratori pameran di Philo Art Space ini Tramendum mempunyai arti filosofis ‘Yang Menggertarkan’. Tommy memang selalu mengangkat tema-tema filosofis di dalam kuratorialnya, bukan itu saja, tidak jarang ia menyelenggarakan diskusi yang tentu saja berhubungan dengan filosofi, Sehingga di setiap pameran yang ia selenggarakan selalu sarat dengan nilai dan pesan yang ingin disampaikan, tidak hanya berupa pamer karya belaka.

Philo Art Space bermaksud menyampaikan bahwa setiap manusia itu selalu membawa nilai eksistensi tersendiri, dan nilai tersebut akan selalu berkembang seiring dengan apa yang dicapainya di dalam hidup. Begitu juga dengan setiap seniman yang ada dalam pameran Tramendum ini, Tommy F Awuy memilih seniman-seniman Indonesia yang dianggapnya mempunyai nilai representatif dengan tema yang diangkat.

Exhibition Name : Tramendum
Place : Philo Art Space
Curator : Tommy F Awuy
Time : 23 September –  3 Oktober 2010
Artist :
Abdi Setiawan, Agus Suwage, AS Kurnia, Agus ‘Baqul’ Purnomo, Ahmad Sobirin, Awan Simatupang, Budi Kustarto, Budi Ubrux, Cubung Wasono Putra, Davy Linggar, Dedy Sufriadi, Dipo Andy, Diyanto, Doel AB, Dolorosa Sinaga, Entang Wiharso, Erizal AS, Hanafi, Haris Purnomo, Ibnu Nurwanto, Ipong Purnomo Sidhi, Ivan Haryanto.