Salah satu pameran besar yang ditunggu-tunggu para pecinta seni Visual & Toys di Indonesia ini akhirnya kemarin telah menyelenggarakan Pamerannya, Arkiv Vilmansa atau terkadang ia menyebut namanya sebagai Arkiv Instant ini merupakan pelukis yang berdiri di jalur Pop Art, dimana tema-tema yang diangkat lebih sering menyinggung kultur populer, konsumerisme dan Subject matter yang khas dari sang seniman.

Arkiv merupakan salah satu seniman kontemporer Indonesia yang sudah lama berada di dunia Toys & Painting, sehingga tidak mengagetkan bila namanya sudah cukup terkenal di dunia Toys & Painting tersebut. Bila melihat setiap lukisan yang ia hasilkan kita akan selalu melihat adanya makhluk seperti hewan yang menjadi Icon utama dirinya, bentuk makhluk tersebut terlhat seperti perpaduan Mickey Mouse & Marvin the Martians, dengan warna-warna Primer yang menghiasi serta tarikan garis rapih teratur dalam lukisannya, membuatnya sangat eye catching. Latar belakangnya sebagai Arsitektur pula yang membantu & memberikan inspirasi terbesar dalam setiap lukisan acrylicnya.

'Wings' | Acrylic and Ink on Canvas | 130x150cm | 2010

'Arkiv Instant' Series | 11 inches Tall | Vynil | 2010

Selain lukisan, Arkiv juga terkenal oleh Art Toys yang ia ciptakan, dengan karakter yang sama dengan yang sering ia hadirkan dalam lukisannya, hadirlah karakter Arkiv Instant yang terbuat dari Vinyl yang ia pamerkan juga di pameran tunggalnya di Vivi Yip Artroom 2. Bila melihat dari setiap lukisan yang ia pamerkan, terasa bahwa Arkiv telah memberikan 100% dari apa yang ia miliki sebagai seorang seniman, namun totalitas tersebut bukan merupakan puncak dari karirnya, justru pamerannya kali ini merupakan langkah awal besar miliknya untuk terus berkarya & berpameran sebagai seorang seniman. Riding Curves bisa dikatakan merupkan tonggak awal pencapaian karirnya, karena setelah pameran kali ini, ia sudah dijadwakan akan berpameran di Filipina & beberapa lokasi di Amerika Serikat.

'Peacock' | Acrylic on Canvas | 130x150cm | 2010

Jujur, saya sangat senang dengan perkembangan dunia seni Visual di Indonesia belakangan ini, meski telat beberapa tahun dari di Amerika & Eropa, perkembangan Seni Kontemporer di Indonesia sudah terlihat akan semakin banyak di apresiasi oleh banyak orang, salah satu buktinya adalah Pameran Tunggal Arkiv ini.

Exhibition Name :Riding Curves
Place : Viviyip Artroom 2
Curator :

Time :
23 Oktober – 13 November 2010
Artist :
Arkiv Vilmansa