Con Festivita

Con Festivitas atau dalam bahasa latin berarti ‘Raya/Perayaan’ adalah judul dari pameran tunggal Monika Ary Kartika. Monika adalah seorang pelukis wanita kelahiran Bandung yang lulus dari jurusan Seni Lukis ITB pada tahun 2006 dengan predikat Cum Laude.

Pada pameran tunggalnya di Vivi Yip Artroom 2 yang dimulai pada tanggal 20 November 2010 tersebut Monika mengangkat tema yang mungkin jarang diangkat oleh seniman muda lainnya. Monika mengangkat suatu perayaan Fashion, yang menarik perayaan yang di jadikan tema oleh Monika dalam pameran tunggalnya ini berasal dari 2 negara yang berbeda,

'Black & White' | Oil & Mixed Media on Canvas | 177x147cm |

Carnaval 2 negara

Yang pertama adalah Brazil Carnaval, yaitu suatu event besar yang berlangsung di Brazil yang di ikuti oleh sekolah-sekolah dansa Samba, acara yang diselenggarakan 1 tahun sekali dan berlangsung selama 4 hari tersebut seperti sudah menjadi ciri khas Brazil, dimana ratusan mungkin hingga ribuan orang tumpah ruah di jalanan untuk melihat parade tersebut.

Yang kedua adalah Jember Fashion Carnaval, event besar yang sudah hampir 10 tahun berlangsung di Jember ini telah mengubah wajah  Kota Jember secara signifikan, semua itu terbentuk oleh seseorang bernama Dynand Faris, pemrakarsa acara yang merupakan perancang busana yang mempunyai Industri Fashion, Passion nya yang besar di dunia Fashion, sekaligus rasa cinta nya terhadap tanah kelahirannya telah membuat Jember yang merupakan daerah kecil tanpa ciri khas di Jawa Timur menjadi sorotan mata dunia.

'Green Carnaval' | 155x197cm | Oil & Mixed media on Canvas |

Monika melukiskan 2 perayaan tersebut ke dalam 11 lukisan, untuk menghidupkan suasana perayaan dalam lukisannya, ia juga menambahkan kombinasi payet & manik-manik di lukisan diatas kanvas, sehingga hasilnya kita masih tetap dapat merasakan suasana riuh & ramai perayaan tersebut bagaikan kita berada di sana. Banyak permainan zoom in dalam lukisannya, sepertinya Monika ingin menojolkan point of interest tersebut pada bagian wajah, dimana di wajah tergambar sangat ekspresif, se ekspresif setiap pakaian yang dipakai di setiap perayaan tersebut.

Exhibition Name : Con Festivita
Place : Vivi Yip Artroom 2
Curator :
Jim Supangkat
Time :
20 November – Desember 2010
Artist :
Monika Ary Kartika