Inspirasi dalam berkarya bisa datang dari mana saja, biasanya datang dari alam sekitar, pengalaman ataupun objek tertentu. Francy Vidriani seorang seniman lulusan Fakultas Seni dan Desain Universitas Trisakti menyelenggarakan pameran tunggalnya di Semarang Gallery, Jakarta Art District (JAD) dengan Subject Matter Wanita, Francy menggunakan judul ’48 Potret Seseorang dalam dirinya’ sebagai judul pamerannya.

Wanita sering kali menjadi subject matter seorang seniman, biasanya hal tersebut terjadi atas nama kekaguman maupun cinta kasih, pelukis jaman kemerdekaan kita, Soedjojono pun juga sering melukis wanita dalam lukisannya, ia sering melukis Istri dan anak-anak perempuannya baik dalam pose portrait maupun saat-saat tertentu, saat istrinya sedang mencuci pakaian contohnya.

Potret wajah juga sering kali menjadi identitas maupun ciri khas, saat seseorang melukis orang lain dalam lukisannya sudah pasti orang tersebut mempunyai tempat tersendiri di hati si pelukis. Begitu juga dengan apa yang Francy persembahkan dalam pameran tunggalnya yang dimulai pada tanggal 8 hingga 22 Desember 2010 di Semarang galery JAD.

’48 Potret Seseorang dalam dirinya’ bagi saya adalah pameran unik dan menarik, mengapa? Karena dalam pameran ini kita akan di suguhi satu judul karya saja yaitu ’48 Potret Seseorang dalam dirinya’, sebuah karya lukis arang diatas kartas berukuran 59,4 x 42cm yang berjumlah sebanyak 48 buah. Baru kali ini saya melihat susunan potret wajah seseorang dalam jumlah sebanyak ini di dalam sebuah gallery, penempatan di sudut ruangan gallery dan kekosongan di sekitarnya menambah kesan ekslusif dan memancing kita untuk masuk mendekat untuk melihat satu persatu lukisan tersebut.

Francy memilih 48 sosok wanita yang mempunyai pencapaian dan sejarah bagi dunia, diantaranya ada yang merupakan seorang tokoh politik, penyanyi, hinga pemain film porno, ini lah nama-nama ke 48 sosok wanita tersebut :

Mother Theresa, Aung San Su Ky, Margareth Thatcher, Evita Peron, Indira gandhi, Lady Diana Spancer, Benazir Bhutto, Jacky Kennedy Onnasis, RA.Kartini, Astrud Gilberto, Yoko Ono, Twiggy, Kate Moss, Gisale Bundchen, Frida Kahlo, Billy Holiday, Janice Joplin, Coco Chanel, Simone de Beauvoir, Marie Currie, Virginia Woolf, Madonna, Britney Spears, Marylin Monroe, Pamel Anderson, Jiang Qing, Oprah Winfrey, Asia Carrera, Bjork, Sarah Jessica Parker, Nadia Comaneci, Audrey Hepburn, Khatarine Hepburn, Hillary Clinton, Georgia O’keefe, Cindy Sherman, Aretha Franklin, Brigitte Bardot, Hellen Keller, Emmeline Pankhurst, Josaphine Esther Mentzer (Estee Lauder), Barbra Streissand, Julia Kristeva, Corazon Aquino, Betty Friedan, JK Rowling, Hannah Arendt dan Lady Gaga.

Exhibition Name : 48 POTRET seseorang dalam dirinya
Place : Semarang Contemporary Art Gallery (Jakarta Art District)
Curator :
Rifki Effendy
Time : 8  – 22 Desember 2010
Artist :
Francy Vidriani