Pameran Gusmen Heriadi dengan judul ‘Tamu’ ini menjadi pameran terakhir di tahun 2010 di salah satu galeri yang berdiri paling lama di Indonesia, Edwin’s Gallery. Berbicara tentang Tamu yang menjadi tema pameran kali ini, bagi beberapa orang -termasuk saya- pameran ini terlalu ‘sulit’ untuk di nikmati, saya bilang di nikmati karena memang menurut saya tidak penting memahami suatu lukisan, memahami baik tentang tema maupun pesan yang di bawakan, bila kita bisa menikmati suatu lukisan yang ada di depan mata kita, hal tersebut sudah cukup baik.

Harus saya akui saat datang ke Edwin’s Gallery dan melihat semua jenis lukisan milik Gusmen ini, saya tidak bisa menikmatinya, seri ‘Tamu’ yang dilukis seniman berlatang belakang akademis ISI Yogyakarta ini begitu banyak memunculkan bentuk abstrak dan simbol-simbol yang terlalu sulit untuk saya (maklum penikmat seni amatir), di beberapa lukisan banyak melukiskan bagian-bagian tubuh manusia, entah badan, kaki maupun kepala, dan diantaranya seperti sedang duduk di sofa berukuran besar dan nyaman.

Tamu #17 | Acrylic on Canvas | 177x244cm | 2010

Sesampainya dirumah, saya membuka Katalog pameran ini dan melihat-lihat sekali lagi setiap lukisan di selangi dengan membaca kuratorial yang di tulis oleh Aminudi TH Siregar. Beberapa kali saya membaca dan melihat isi katalog tersebut, tiba-tiba timbul keinginan melihat lukisan seri ‘Tamu’ tersebut, saya merasa rindu untuk mencoba memandangi lukisan-lukisan disana, saya seperti dipenuhi rasa penasaran untuk sekali lagi melihat detail dari goresan lukisan Gusmen. Ternyata saya kurang ‘membuka diri’ saat pertama kali datang melihat pameran ini, apa yang Gusmen hadirkan dalam pameran Tunggalnya yang selesai pada tanggal 19 Desember 2010 yang lalu ini bagai seseorang pendiam yang ternyata menyimpan banyak rahasia, rahasia yang dapat membuat orang penasaran dan tertarik untuk melihatnya lebih dari sekali.

'Seni Mengisi Ruang Tamu #5' | Acrylic on Canvas | 179x199cm | 2010

Exhibition Name : Tamu
Place : Edwin’s Gallery
Curator :
Aminudin TH Siregar
Time : 9  – 19 Desember 2010
Artist :
Gusmen Heriadi