Typography

Berbicara tentang salah satu bidang di Desain Grafis ini memang tidak akan ada habisnya, perkembangannya yang dimulai sejak jaman Yunani Kuno hingga saat ini bisa dibilang selalu mengalami perubahan, biasanya perubahan yang terjadi seiring dengan laju perkembangan teknologi. Typography yang berasal dari bahas Yunani yaitu ύπος(typos) = bentuk, dan γραφή(graphy) = menulis ini kini telah berkembang sangat pesat, baik pada teknik pembuatan maupun ekplorasi atas media yang digunakan, typography bagaikan sebuah kanvas kosong seorang pelukis yang siap dituangkan jutaan ide di dalamnya.

Hurufontypography

Mendengar nama diatas pasti ada saja seseorang yang tanpa disengaja menaikan sebelah alis matanya pertanda bahwa ia sedang bingung, bagaimana tidak? tiga bagian kata yaitu Huruf, Font dan Typography saling menempel menjadi satu bagian, seperti sedang menunjukan bahwa ketiga kata tersebut merupakan satu kesatuan yang sama meski memiliki arti yang agak-agak berbeda. Hurufontypography adalah judul buku ketiga yang di tulis oleh Surianto Rustan, buku sebelumnya yang berjudul LAYOUT dasar dan penerapannya dan Mendesain Logo sudah diterbitkan tahun sebelumnya. Acara Launching Hurufontypography ini diselenggarakan di Kinokuniya Plaza Senayan pada tanggal 11 February 2011 dengan dipandu Resita Kuntjoro Jakti yang baru saja dilantik menjadi ketua FDGI sebagai moderator, acara ini menampilkan 2 narasumber lainnya, yaitu  Putri Nurani, desainer harian Kompas Gramedia serta Riema Maslan, Graphic Designer sekaligus dosen di ITB.

Bisa dikatakan satu-satunya seorang Graphic Designer yang terus aktif menulis buku adalah Surianto Rustan, ia mengatakan bahwa alasannya selalu menuliskan serta menerbitkan buku desain grafis berbahas Indonesia ini adalah karena rasa sedihnya karena sampai saat ini negeri kita tidak mempunyai buku Graphic Design berbahasa Indonesia yang baik, semua buku desain yang masuk adalah impor dari negara luar seperti Singapore. Semoga setelah kembali terbitnya buku desain grafis berbahasa Indonesia seperti ini, akan ada lagi buku-buku dengan tema desain grafis Indonesia yang diterbitkan.