Cat air atau di beberapa negara di sebut Watercolor (Amerika), Watercolour (Inggris) dan Aquerelle (Perancis) adalah salah satu jenis seni lukis tertua yang pernah ada, keberadaan Cat Air cukup sering dianggap tidak sebanding dengan seni lukis lain yang menggunakan media seperti Acrylic maupun Cat Minyak.

Agus Budiyanto adalah seorang seniman otodidak yang menekuni seni lukis cat air secara otodidak selama kurang lebih 30 tahun, ia mendirikan Komunitas Cat Air Agus Budiyanto ini tidak lain karena rasa cintanya terhadap cat air, komunitas yang dibentuk tahun 2000 ini juga ditujukan sebagau wadah bagi para pecinta cat air maupun pelukis cat air.

Lestari Suganda | 'Always Together' | Watercolor on Arches Paper | 52x52cm

Pameran Agus Budiyanto Aquerelle Studio Exhibition di Plaza Senayan ini merupakan program yang selalu diadakan oleh mereka, dengan rutin berpameran di berbagai macam tempat, Agus Budiyanto  bermaksud memperkenalkan lebih luas salah satu jenis seni lukis ini ke masyarakat. Dengan menggunakan tema ‘Kasih Sayang’ dalam pameran kali ini Agus Budiyanto beserta para anggotanya memvisualisasikan  goresan cat air dengan berbagai macam object dan warna.

Pameran di dalam sebuah Mall apalagi bertempat di tepat di tengah Atrium Mall tersebut memang merupakan cara yang efektif untuk dapat dilihat dan menarik perhatian publik, cara ini juga merupakan cara yang tepat untuk sekaligus mengedukasi masyarakat dan memberikan pengetahuan tentang apa yang ingin disampaikan. Akan tetap di luar hal tersebut menurut saya esensi seni yang ditampilkan tidak akan terasa sama dengan pameran di sebuah Artspace atau Gallery, sehingga lukisan yang dipamerkan sifatnya hanya sebagai pelengkap estetika. Well, tentu saja ini hanya pendapat pribadi, saya terbuka lebar bila ada yang berpendapat berbeda🙂

Exhibition Name : Agus Budiyanto Aquerelle Studio Exhibition
Place : Plaza Senayan
Curator :

Time : 11 February – 16 February 2011
Artist :
Agus Budiyanto beserta anggota komunitas Agus Budiyanto Aquerelle Studio