The Weekend Project yang dibawakan oleh Liaison kali ini di dGallerie seperti membawa Spirit yang berbeda dari pameran Liaison sebelumnya berjudul Prive yang diselenggarakan di Viviyip Art room, setidaknya itulah yang saya rasakan. Untuk yang belum mengenal, Liaison adalah sebuah grup yang berisikan seniman-seniman muda dengan latar belakang yang berbeda, ada yang berasal dari background pelukis, textile craft, industrial design dll.

Di Pameran mereka kali ini, Liaison memamerkan karya dari nama-nama yang berbeda dari pameran Prive, Satria Nugraha dengan karya Tramendum Seriesnya menghadirkan kombinasi Kolase dan Silk Screen, Karisma Prawira Sudarma dengan karyanya yang unik berjudul Obscure pt.1, dengan ukuran karya sebesar 70x160cm menciptakan suatu karya yang terlihat seperti lukisan, akan tetapi sesungguhnya merupakan digital print diatas karton MDF, cutting yang mengikuti lekukan lukisannya menambah aksen yang kuat serta efek kedalaman yang dramatis.

Karisma Prawira Sudarma | 'Obscure Pt.1' | Digital Print on MDF | 70x160cm | 2011

Alamanda Ardisia dan Dimaz Satrio menghadirkan 1 lukisan acrylic dengan ditambah aksen drawing berjudul Land of Cokaygne.  Sedangkan Theo Frids menghadirkan lukisan cat minyaknya dengan 2 panel berjudul The Quiet. Salah satu karya yang saya suka adalah ciptaan Ardhana Utama dengan karya fotografinya yang berjudul Pool Series, meski yang dihadirkan ‘hanya; foto seseorang di dalam kolam berenang, akan tetapi riak-riak air yang dihasilkan di foto tersebut mempunyai kesan menarik dan misterius, bagaikan suatu pola tertentu yang sengaja disiapkan. Saraswati Hamid menghadirkan karya instalasi dengan menggunakan Acrylic yang dibentuk bagaikan bangun ruang segitiga abstrak. Sutra Ramadhani menghadirkan painting berbentuk lingkaran, Westuwidyawan berkolaborasi dengan Renassya membuat suatu karya lukis diatas kayu, yang lucu, mereka melukiskan susunan makanan, minuman lengkap dengan berbagai macam benda diatasnya, sehingga kita melihat seperti diatas meja makan. Willian Wahyu Waluyo menciptakan benda abstrak berjudul Chemicalustus Invadrius, seperti namanya yang terkecan kimiawi, karyanya yang disusun dengan menggunakan Stainless Steel, Kaca Pyrex dan botol formula kimia ini terlihat cantik sekali saat lampu yang terpasang dinyalakan. M.R.Adytama Pranada dengan karyanya berjudul Projected Memory Series memukau dengan fotografi yang dicetak diatas lembar aluminium.

Ardhana Utama | 'Pool Series' | Printed on Photo Paper | 56x100cm | 2010

Meski bukan sebuah kumpulan seniman dengan suasana formal, Liaison bagi saya sudah berhasil menjadi suatu kumpulan grup seniman muda yang mengukir namanya di belantika dunia seni rupa Indonesia, selain Liaison kita dapat melihat sendiri bahwa banyak sekali grup/kumpulan serupa yang mengatasnamakan ‘seni’, namum yang mereka lakukan tidak lebih dari menyebut diri sendiri sebagai seniman tapi tanpa hasil yang berarti. Semoga di penyelengaraan pameran Liaison lainnya, mereka dapat menghadirkan sesuatu yang baru, sesuatu yang menyegarkan dan beda dari sebelumnya, yang terpenting adalah semoga Liaison ini bisa semakin besar dan sukses di dunia seni rupa Indonesia.

Exhibition Name : The Weekend Project
Place : dGallerie
Curator :
Rizki Zaelani
Time : 20 Maret 2011 – 7 April 2011
Artist :
Liaison