Sekeras apapun saya berpikir, saya tidak bisa memahami korelasi antara judul pameran ini yang diberi nama ‘Keseimbangan’ dengan 3 artist yang berpameran didalamnya. Andre Risa Putra, Ricky Wahyudi dan Rully Rahim adalah 3 orang seniman yang berbeda dalam hal gaya melukisnya, bisa kita lihat dengan jelas Andre Risa Putra banyak menggambarkan figur manusia dengan penggambaran yang blur dengan diberi beberapa sentuhan abstrak, contohnya dalam karyanya yang berjudul Post Modernisme, Andre menggabungkan lukisan semi-realis dengan goresan abstrak, sangat berbeda bila dibandingan dengan lukisan dibawah yang berjudul Tomboy.

Andre Risa Putra | Post Modernism | Mixed Media on Canvas | 100x120cm | 2010

Ricky Wahyudi | 'PM 07:07 Real Unreal' | Acrylic on Canvas | 120x100cm | 2010

Ricky Wahyudi yang menurut saya paling berbeda, ia seperti melukiskan pemandangan photographic dengan angle kamera fish eye serta dengan ditambah sentuhan semi-pixe, mengapa? karena susunan lukisannya bagaikan terbentuk dari potongan-potongan warna yang berbeda dikumpulkan menjadi satu hingga terciptalah satu lukisan utuh. Dari diantara 3 seniman yang berpameran di SigiArts ini saya paling suka yang terakhir, Rully Rahim. Warna serta bentuk-bentuk imajinasi yang ia lukiskan terlihat mencolok, warna cerah berlarian kesana-kemari dalam bidang canvasnya, tampak pula ada beberapa pola menarik yang ia torehkan, entah apa arti dan maksudnya.

Ok, kita sudah melihat masing-masing dari lukisan 3 seniman yang berpameran saat ini, dan saya masih belum menemukan mengapa judul pameran ini disebut keseimbangan, bila dilihat dari bahasa Inggris, Keseimbangan yang berarti Balance adalah berada di tengah-tengah dari suatu bentuk, massa dan ukuran. Akhir kata, saya sesungguhnya tidak cukup menimati lukisan yang dihadirkan Sigiarts kali ini, tentu saja alasan mengapa saya berkata tersebut berhubungan dengan pendapat pribadi masing-masing, apa yang saya suka, belum tentu anda suka, begitupula sebaliknya.

Rully Rahim | 'Kisah' | Acrylic on Canvas | 160x150cm | 2011

Exhibition Name : Keseimbangan
Place : SIGIarts
Curator :
A.R Makoginta
Time : 30 Maret 2011 – 17 April 2011
Artist : 
Andre Risa Putra, Ricky Wahyudi, Rully Rahim

Ricky Wahyudi yang menurut saya paling berbeda, ia seperti melukiskan pemandangan photographic dengan angle kamera fish eye serta dengan ditambah sentuhan semi-pixel karena susunan lukisannya bagaikan terbentuk dari potongan-potongan warna yang berbeda dikumpulkan menjadi satu hingga terciptalah satu lukisan utuh. Dari diantara 3 seniman yang berpameran di SigiArts ini saya paling suka yang terakhir, Rully Rahim. Warna serta bentuk-bentuk imajinasi yang ia lukiskan terlihat mencolok, warna cerah berlarian kesana-kemari dalam bidang canvasnya, tampak pula ada beberapa pola menarik yang ia torehkan, entah apa arti dan maksudnya.