Salah satu pameran favorit saya di bulan April 2011, Racun #1 menghadirkan beberapa seniman tanah air yang aktif berkarya, bukan saja di dunia seni lukis tapi di berbagai macam kegiatan seperti ilustrasi, menyanyi, penata fashion, penulis dan EO, meski berbeda-beda dunia, akan tetapi apa yang mereka lakukan selalu menjadi ‘Racun’ bagi dunia sekitarnya.

Racun memang dikonotasikan sebagai sesuatu yang buruk, karena biasanya dianggap mencemarkan sesuatu yang sebelumnya belum dicemarkan, dalam arti jelek racun dianggap sesuatu yang harus di hindari akibat pengaruhnya yang jelek. Akan tetapi bila kita balik, makna yang terbentuk justru menjadi menarik, racun menjadi suatu bentuk penyaluran energi positif, saat kita ‘diracuni’ sesuatu yang positif tentu dampak dan hasilnya menjadi jauh lebih baik. Begitupula dengan apa yang terjadi oleh setiap seniman yang berpameran di Puriart Gallery – Jakarta Art District ini, nama-nama seperti Eunice Nuh a.k.a PinkGirlGoWild, Emte, Monica Hapsari, Ika Vantiani, Motulz dan Jimi Multhazam menjadi ‘racun’ positif dalam berkarya bagi dunia sekitarnya, banyak yang teracuni oleh apa yang sudah mereka berikan dan hasilkan.

Pameran yang sekaligus menjadi acara’Launching buku puisi serta sketsa Eunice Nuh berjudul ‘Racun’ ini menghadirkan beberapa karya baru serta lama dari 6 seniman yang berpameran disini. Eunice Nuh menghadirkan 3 buah lukisan yang terasa sangat kental akan kehadirannya, ilustrasi burung berputar dan membentuk lingkaran tersebut sudah seperti menjadi style paten miliknya, ia juga memajang 4 buah karya ilustrasi mini berwarna hitam-putih dengan dengan disertakan pigura yang mempernais karya tersebut, Emte menghadirkan 4 buah lukisan, agak berbeda dengan lukisannya saat berpameran di Galeri Nasional bersama 2 teman lainnya di tahun lalu, lukisannya kali ini terasa kosong dan tidak cukup kuat menghadirkan identitas dirinya. Ika vantiani menghadirkan 4 buah karya kolasenya yang cantik dengan ukuran yang berbeda-beda.

Bila melihat dari adanya penomeran dalam judul lukisan ini sepertinya kita bisa berharap akan ada seri lainnya dalam pameran Racun ini, semoga ‘Poison #1’ menjadi titik balik bagi penyelenggeraan pameran lainnya yang tidak kalah menarik.

PinkGirlGoWild | 'Do You Wan To' | Mixed Media on Canvas | 150x150cm | 2000

Ika Viantiani's Artworks

Exhibition Name : Poison #1
Place : Puriart Gallery ( Jakarta Art District)
Curator :

Time : 31 Maret 2011 – 30 April 2011
Artist : 
PinkGirlGoWild, Emte, Monica Hapsari, Ika Vantiani, Motulz dan Jimi Multhazam