Di hari yang sama saat saya berkunjung ke pameran Solo Atelier of Tulus Rahadi yang sudah pernah saya bahas di blog ini, saya tidak sengaja melewati Galeri Canna dan melihat ada yang ‘tidak beres’, kenapa saya bilang ‘tidak beres’? karena saya hampir tidak mengetahui jika saat itu ternyata ada sebuah pameran yang sedang berlangsung, tidak ada judul maupun pemberitahuan dalam bentuk apapun disana, saya hanya merasa curiga saat lewat di depan Galeri Canna – Jakarta Art District dan melihat susunan lukisan yang tergantung disana, semuanya punya ciri dan style yang sama, biasanya bilang terasa seperti itu, tandanya memang benar ada sebuah pameran yang sedang berlangsung, karena bila tidak ada pameran, sebuah galeri menggantung lukisan-lukisan dari beberapa pelukis dan tidak terasa kesamaan tema dari lukisan yang satu dengan lukisan lainnya. Setelah saya masuk dan meperhatian Nametag lukisan disana, ternyata benar saja, saat itu di Galeri Canna sedang berlangsung sebuah pameran Tunggal seorang pelukis bernama Mantra Ardhana dengan judul pameran ‘Organic Mind’.

Mantra Ardhana adalah seorang pelukis kelahiran Lombok 1971, ia merupakan seniman yang menempuh jalur akademik di ISI, Yogyakarta dalam karirnya sebagai seorang seniman. Pameran ini merupakan kolaborasi Galeri Canna dengan Sangkring Artspace, oleh karena itu pada tahun 2010 yang lalu dia juga pernah berpameran di Sangkring Artspace, Yogyakarta dengan judul pameran yang sama dengan yang di Galeri Canna saat ini. Pameran tunggal pertamanya sebagai seorang pelukis adalah pada tahun 1999 di Sika Gallery, Ubud – Bali.

'Composition in E minor' | Oil on Canvas | 160x245cm | 2010

Mantra Ardhana bisa dikatakan merupakan eniman serba bisa, selain melukis Mantra juga menggemari dan menekuni dunia desain grafis, www.mantradigital.com adalah nama website miliknya dimana dari dunia desain tersebut ia telah banyak menyelesaikan project desain grafis seperti mengerjakan Website, Poster, Spanduk, baliho dan kartu undangan pernikahan. Dunia lain yang juga menjadi gairah dirinya adalah music, seperti apa yang disampaikan oleh Sugi LANUS, seorang peneliti budaya Bali yang secara intense mengikuti proses kreatif Mantra selama 5 tahun terakhir, Mantra mahir memainkan gamelan Bali & gitar elektrik, Rumahnya bahkan kini terbelah menjadi dua, dimana bagian depan merupakan studio lukis miliknya, dibagian belakang adalah studio musik tempat dimana Mantra menumpahkan segala gairah bermusiknya, tidak main-main, dalam dunia musiknya ia pernah melakukan pertunjukan di DAADA Program, Pert – Australia sebagai CCTA Artist in Residence.

Mungkin karena kecintaannya dalam dunia musik dan lukisan itulah, Mantra menghadirkan sebuah lukisan berjudu ‘If Sis was mine’ sebanyak 6 seri, lukisan yang menggambarkan wajah Jimi Hendrix tersebut memperlihatkan berbagai macam wajah Jimi yang dihadirkan Mantra Ardhana dengan ‘cara pikir organic’ terhadap latar belakang jimi Hendrix sebagai seorang Icon.

'If Six Was Mine #6' | Oil on Canvas | 130x130cm | 2010

Exhibition Name : Organic Mind
Place : Galeri Canna (Jakarta Art District)
Writer : Sugi Lanus
Time : Juni 2011
Artist : Mantra Ardhana