Pertama kali saya melihat karya Rocka Rodipa yaitu sekitar setahun atau 2 tahun yang lalu di pameran grup yang diadakan Galeri Nasional (saya lupa nama pamerannya!), saat itu reaksi adalah, Wow! berlibihan? saya kira tidak, karena detail yang ia hadirkan dalam kaya brass etchingnya sungguh luar biasa. Rocka Rodipa adalah seorang seniman kelahiran Paninggaran pada tahun 1976, ia mendapatkan gelar senimannya melalui proses akademis, yaitu di ISI Yogyakarta.

Pamerannya saat ini yang diberi judul ‘Playing Pattern’ adalah pameran tunggal pertamanya, bertempat di Langgeg Gallery – Jakarta Art District, Rocka Radipa menghadirkan kurang lebih 7 karya dengan masih menggunakan media yang sering ia gunakan, yaitu tembaga. Pameran ini pun di persiapkan dengan serius, karena sebelum memulai berkarya dalam pameran ini, ia lebih terdahulu melakukan observasi dan meneliti terhadap aspek materi budaya Jawa dari lingkungan terdekatnya.

Proses kreatif Bagi Rocka Radipa adalah Suatu kewajiban alamiah yang mengeluarkan serta mendapatkan energi balik, contohnya adalah seperti saat berbicara atau sharing dengan teman/sahabat untuk menggali aspek visual ornamen-ornamen yang bersumber dari budaya keraton Yogyakarta, dalam mempersiapkan pameran tunggalnya Rocka Radipa bertemu dan berdialog dengan beberapa warga daerah yang ia kenal dan tumui, contohnya adalah Mas Miyanto, seorang penatah keris, dari mas Miyanto Rocka mengagumi proses pengerjaan pembuatan motif-motif keris tersebut, ia juga menambahkan bahwa sesungguhnya ada banyak sekali serpihan-serpihan ide yang berserakan di sekitar kita yang dapat digunakan sebagai sumber inspirasi.

Karyanya yang berjudul ‘Starlet’ pun ia kerjakan saat mendapat inspirasi ketika sedang melihat mas Miyanto bekerja menatah keris, proses pembakaran dengan menggunakan Bola Api yang dihasilkan mas Miyanto melahirkan garis-garis putaran melingkar yang kemudian diberi nama Starlet. Berbeda dengan karya Rocka Radipa saat ia berpameran grup, karya-karyanya dalam Playing pattern relatif berukuran lebih kecil, atau ini hanya bayangan saya saja? tolong dikoreksi bila salah🙂

'Apple of The Eye' | Brass Etching Mixed Media | 150x110cm | 2011

Menyaksikan Playing Pattern sungguh mengasyikan, detail yang dihadirkan oleh sang seniman pun memaksa kita untuk melihat lebih lama, semakin lama anda memandangnya, detail sulur-sulur yang ada seperti menambah semarak dan mewahnya karya tersebut, sisi menarik lainnya adalah katalog, yup! katalog pameran ini diberikan dalam bentuk CD bersama CD Casenya, cover CD adalah katalognya dan di dalamnya kita juga diberikan sebuah CD yang berisi penjelasan pameran ini yang dibawakan langsung oleh sang seniman, bila selama ini kita hanya diberikan penjelasan dalam bentuk tulisan, kini kita dapat menyaksikan secara langsung bagaimana seorang seniman melakukan riset dalam berkarya serta bagaimana proses penciptaan karya tersebut.

'Starlet' | Brass Etching Mixed Media | 130x130cm | 2011

Exhibition Name : Playing Pattern
Place : Langgeng Gallery (Jakarta Art District)
Curator : Rifky Effendi
Time : Juni 2011
Artist : Rocka Radipa