Ada berapa acara, perlombaan dan event lainnya yang membahas tentang Wayang di Indonesia? Saya rasa jawabannya adalah ‘banyak’. Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap kebudayaan negeri sendiri, banyaknya perlombaan desain yang mengusung tema Batik dan Wayang di Indonesia belakangan ini sepertinya sudah membuat kedua budaya tersebut terasa hambar, saya rasa salah satu penyebabnya adalah  terlalu sederhana dan terlalu umumnya pihak penyelenggara perlombaan dalam menyikapi Wayang atau batik sebagai tema acara yang mereka selenggarakan, tidak ada pendalaman materi yang cukup kuat dan kemunculan lomba-lomba tersebut yang cukup sering muncul di permukaan merupakan salah satu penyebab Wayang dan Batik terasa membosankan sebagai tema acara.

World Of Wayang : Wayang dan Kita yang dihadirkan oleh SENA WANGI (Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia), GELAR dan di organize oleh CFS Organizer  hadir dengan tema dan acara yang jauh lebih Segar, dan lebih serius dalam memberikan pendalaman materi dan pengetahuan mengenai Wayang. World Of Wayang hadir dengan membawa 3 lomba utama, yaitu Lomba Desain Komik Strip, Lomba Desain Poster dan Lomba Desain Kaos. Hasil dari ketiga lomba tersebut kini sedang dipamerkan di Alun-Alun Indonesia – Grand Indonesia sejak 15 October hingga 22 October 2011.

Mengapa saya mengatakan World Of Wayang merupakan event yang Segar dan serius dalam penyelenggaraan acaranya? Well, pertama kita lihat dari para Juri yang menilai ke 3 lomba tersebut : di kategori Komik ada Chris Lie, Beng Rahardian dan Hagung Kuntjara, di kategori Poster ada Bram Kushardjanto dan FX Harsono, sedangkan di kategori Kaos ada Adityayoga dari hiduplahindonesiaraya.com, Anang Pradipta dari gantibaju.com dan Godot Guntoro. Satu kalimat Saya melihat nama-nama tersebut adalah “Wow!”. Tapi tidak sampai disitu saja, pada pembukaan Pamerannya di Alun Alun Indonesia – Grand Indonesia tanggal 15 October 2011 yang lalu, banyak tokoh dan desainer terkenal yang datang untuk memberikan Sharing mengenai karya dan Inspirasi terhadap Wayang, mereka adalah : Wanara Studio, Mahanagari, Moreza, gantibaju.com dan Caravan Studio.

Selain di Alun Alun Indonesia, lokasi utama acara World Of Wayang adalah di Gedung Kautaman, TMII, dan dimulai dari tanggal 19 October hingga 22 October 2011 akan ada banyak acara yang merupakan bagian dari penyelenggaraan World Of Wayang. Inilah yang dibutuhkan Indonesia dalam memperkenalkan serta memberikan pengetahuan mengenai Wayang terhadapat masyarakat Indonesia. Sukses selalu World Of Wayang!