Langgeng Gallery di Jakarta Art District sekali lagi mengadakan pameran seni rupa yang berbeda dan menarik secara konsep, setelah sebelumnya mengadakan 2 kali pameran dari seniman Pop dari Jogyakarta. Kini Langgeng mengadakan pameran tunggal Krisnamurti

Pameran yang diberi nama ‘Poet Shop’ ini adalah sebuah penerjemahan krisnamurti sebagai seorang seniman terhadapat karya puisi Hanna Fransisca. Tipe pameran seperti ini pernah saya pikirkan dan bayangkan, dan ternyata bisa saya lihat secara langsung di pameran ini.

Ada sekitar 7 karya yang dibawa oleh krisnamurti dalam pameran ini, kita bisa lihat bagaimana krisnamurti menciptakan bentuk visual dari puisi yang disampaikan oleh Hanna Fransisca,salah satu contoh yang menarik adalah foto dibawah ini, karya dibawah yang diberi nama ‘Red Chair’ ( Kursi Taman Merah mendaras) ini adalah terjemahan Krisnamurti terhadapat karya Puisi Hanna Fransisca berjudul  ‘Rindu’ dan ‘Palung’, Krisna menggunakan kombinasi tipografi yang membentuk kalimat yang dilontarkan Hanna dalam puisi tersebut, bentuk kursi yang yang terlihat kokoh sekaligus ringkih karena diletakan dalam pojok ruangan semakin menjadi dramastis akibat suara rekaman puisi yang keluar dari loudspeaker yang diletakan di kursi tersebut.

Krisnamurti yang dikenal selalu menciptakan karya dari media-media baru juga menerjemahkan puisi karya Hanna Fransisca berjudul ‘Mencintaimu’, bisa kita lihat dari foto dibawa yang merupakan bentuk terjemakan karya Krisnamurti berjudul ‘Loving You’ merupakan sebuah meja kaca yang bertuliskan berbagai macam kalimat, di bagian bawahnya, salah satu kaki sebagai penyangga keseimbangan digantikan oleh tumpukan-tumpukan buku sehingga kesan yang terlihat adalah sebuah kerapuhan. Masih ada beberapa karya krisnamurti lainnya seperti ‘Sister Ros’ yang merupakan hasil terjemahan terhadapat karya Gus Tf Sakai berjudul ‘Kak Ros’. Semua karya seni yang diciptakan oleh krisnamurti mengambil dari bentuk furniture, mungkin karena itu pameran terdapat kata ‘Shop’nya.

Red Chair (Kursi Taman Merah Mendaras)' | Painted Chair and Sound | 50 x 50 x 100cm | 2011

'Loving You' | Object (Table, Engraved Glass & Books) | 80 x 80 x 50cm | 2011