Susan Olij adalah seorang seniman kelahiran Indonesia yang bekerja dan menetap di Singapura. Semua pendidikan seni yang ia terima ia dapatkan diluar Indonesia, pada tahun 1996 hingga 1998 ia bersekolah di Fashion Institute of Technology – New York dengan mengambil konsentrasi di Fashion Buying and Merchandising, tahun berikutnya ia dengan mendapatkan Diplomanya pada tahun 2000 di School of Visual Arts – New York, terakhir ia mengambil gelar Master nya di LaSSale Collage of Fine Arts/Open University di Singapore pada tahun 2008-2009.

'Circle 2' | Ink on Rice Paper | 30 x 62 cm | 2011

Kata yang terlintas di kepala saat melihat karya Susan pasti adalah ‘Abstrak’, beberapa orang mengaku bisa menikmati seni abstrak, tapi tidak banyak juga yang tidak bisa menikmatinya. Bagi saya,khususnya lukisan yang dibuat oleh Susan Olij terlihat sangat Indah, secara pribadi saya sangat menikmati lukisan yang menggunakan tinta atau cat air diatas kanvas, kita tidak akan pernah mengetahui hasil yang pasti saat menggoreskan tinta diatas kertas, tekstur kertas akan selalu membawa aliran tinta bereksplorasi diatas kertas tersebut, campuran 2 warna yang bertemu diatas kertaspun akan selalu membawa kita mendapatkan hasil yang baru dan menarik untuk dilihat.

Pada pamerannya yang berjudul ‘Never Odd or Even’ ini Susan menghadirkan beberapa karya lukisnya yang dibuat menggunakan Tinta Batik dan Tinta Cina diatas media kertas Cat Air. Bagaimana hasil yang didapat bila tinta batik dituangkan diatas kertas bisa kita lihat hasilnya di karya Susan ini, hal menarik yang bisa kita nikmati setelah mengetahui cerita dibalik karya tersebut adalah bahwa karya yang ia hadirkan di Puri Art Gallery ini berasal dari latar belakang dua kebudayaan yang ia miliki, yaitu budaya Cina dengan Indonesia, dan juga perpaduan antara pengaruh Barat mengenai Seni dengan Fashion.

'Botanica 3' | Batik Dyes on Watercolor Paper | 60 x 22cm | 2011

Exhibition Name : Never Odd Or Even
Place : Puri Art Gallery (Jakarta Art District)
Curator : Akhmad Santoso
Time : 3 Desember 2011 – 3 January 2012
Artist : Susan Olij