Jakarta – Bandung Pulang Pergi atau pada pameran ini disingkat JKT-BDG PP adalah sebuah penyelenggaraan pameran Seni Rupa yang di isi oleh para seniman dan desainer grafis yang masing-masing bermukim di Jakarta dan Bandung. Sesuai dengan namanya, pameran JKT-BDG PP ini akan diadakan di 2 kota yang berbeda yaitu di Bandung dan di Jakarta, pada pertengahan tahun 2011 ini pameran JKT-BDG PP sudah diadakan dengan meriah di Bandung, kini seri kedua pameran ini kembali hadir namun di kota yang berbeda dari kota yg pertama, di Jakarta, pameran ini diadakan di Dialogue Artspace, sebuah galeri dan ruang pertemuan, diskusi yang pada tahun 2011 ini sangat aktif dalam menyelenggarakan kegiatan yang berhubungan dengan dunia seni dan kreatifitas.

Apa makna yang diberikan dalam pameran JKT-BDG PP ini selain menghadirkan kompilasi karya seniman yang berdomisili di 2 kota yang berbeda? Ternyata ada banyak cerita dari JKT-BDG PP ini layaknya perjalanan antara Jakarta – Bandung PP yang pernah di lakukan setiap orang orang. Jarak antara Jakarta dengan Bandung yang semakin dekat akibat dibangunnya tol Cipularang menciptakan interkasi yang lebih kuat antara 2 kota tersebut, perpaduan budaya dan kegiatang yang berbeda terkadang saling terlihat melengkapi. Bagi warga Bandung, Jakarta adalah tempat dimana impian berhamburan menanti untuk diraih, sedangkan bagi warga Jakarta, Bandung adalah sebuah tempat yang menawarkan berbagai macam hibudan dan kesenangan yang tidak terbatas. Setiap masing-masing kedua kota tersebut memiliki daya tarik yang harus di akui sangat menarik dan sangat sayang bila dilewati.

Diadra Galih | 'Always is A long Word' | Screen Print, Instalation | 58 x 500cm | 2011

Ke 17 seniman yang hadir dalam penyelenggaraan kedua dari seri pameran JKT-BDG PP ini berasal dari latar belakang yang berbeda, seperti Agung Purna Galih yang merupakan seniman multimedia, Rege Indrastudianto seorang desainer grafis sekaligus ilustrator dan Sir Dandy yang merupakan lulusan Desain Produk ITB. Masing-masing membawa kisah yang ingin mereka sampaikan mengenai kota tempat mereka tinggal atau pengalaman mereka masing-masing mengenai Jakarta – Bandung Pulang Pergi.

 

Ykha Amelz | 'The 10 Years Old Spectral Evidance | Graphite, Acrylic, Soft Pastel on Canvas

Sir Dandy Harrington | 'Does Your Husband Know That You're on The Run | Table, Drawer & Mirror | 2011

Exhibition Name : JKT-BDG PP (Jakarta-Bandung Pulang Pergi)
Place : Dialogue Artspace
Time : Desember 2011
Artist : Andhi Rharharha, Aditya R. Pratama, Ary Buy Shandra, Ageng Purna Galih, Ario Kiswinar, Adityo Cahyo Saputrp, Billy Anjing, Dave Syauta, Diandra Galih, Lutfi Anwar, Rege Indrastudianto, Ritchie Ned Hansel, Ricky Janitra, Saleh Husein, Sir Dandy, William W. Waluyo, Ykha Amelz