Tags

Jakarta kini bertambah lagi satu ruang pamer seni kontemporer yang menarik dan wajib dikunjungi. Bila kamu pernah berkunjung ke sebuah Department Store bernama The Goods Dept yang berada di Plaza Indonesia, Jakarta, pasti pernah beberapa kali melihat beberapa artwork terpajang di salah satu sudut ruangan, dulu kegiatan pameran seni masih menjadi satu dengan The Goods Dept sampai akhirnya mereka mempunyai The Art Dept yang khusus mengurusi kegiatan pameran seni yang ada disana.

Untuk yang belum tahu, The Goods Dept adalah sebuah Department Store yang dikurasi dan di konsep dengan sangat baik, disana kita bisa menemukan berbagai macam Brand Fashion Apparel yang ekslusif dan pasti akan menarik perhatian. Awal terbentuknya The Goods Dept berawal dari sebuah kegiatan Bazaar bernama Brightspot Market yang diadakan di awal 2009, kesuksesan kegiatan tersebut akhirnya membawa tim pencipta Brightspot Market membangun sebuah ruang Department Store permanen yang berdiri tetap di satu tempat, pada tahun 2010 akhirnya berdirilah The Goods Dept bertempat di sebuah mall di tengah Kota jakarta, Plaza Indonesia, yang tak lama kemudian disusul pembanguan The Goods Cafe dan yang terbaru saat ini adalah The Art Dept yang khusus membidangi kegiatan pameran seni.

‘ishot’ adalah pameran seni pertama sejak dibentuknya The Art Dept, sebelum The Art Dept dibentuk, saya perhatikan The Goods Dept sudah mulai cukup sering mengadakan pameran seni kontemporer maupun Street Art. Apa yang akan kita temukan dalam pameran tunggal Wimo Ambala Bayang berjudul Ishot ini? ternyata pameran ini diluar perkiraan saya, sebelumnya saya mengenal karya fotografi Wimo dari pamerannya di Dgallerie yang berjudul Not So High Heels, disana karya fotografi kontemporer Wimo banyak menghadirkan manusia sebagai subject matter.

Ishot ternyata mempersembahkan sesuatu yang beda, pameran yang juga dipersembahkan oleh VWFA atau Valantine Willie Fine Art ini membawa kurang lebih 33 karya fotografi yang diambil menggunakan Iphone Wimo Ambala Bayang. Valentine Willie Fine Art adalah sebuah kegiatan seni kontemporer dan juga sebuah galeri seni yang yang berada di 4 negara yaitu, Indonesia (Yogjakarta), Filipina, Singapore dan Malaysia. Galeri yang dibangun oleh Valentine Willie ini selalu terus berusaha mengangkat dan mengadakan pameran seni dari seniman setempat, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi artikel ini🙂.

'ArtStage 14' | C-print on Kodak Endura Paper | 33.3 x 25cm | 2011

'ArtStage 12' | C-print on Kodak Endura Paper | 33.3 x 25cm | 2011

Bila biasanya seorang seniman fotografi mengcompose serta mengkonsepkan objek yang ingin difoto yang nantinya akan dipamerkan sebagai sebuah karya seni, yang disajikan pada pameran ini justru sebaliknya. Semua karya yang dipamerkan disini merupakan hasil fotografi Wimo yang diambil menggunakan perangkat telepon genggam, objek yang dihadirkan juga tdk kalah menariknya, yaitu Artstage Singapore 2011 yang diadakan beberapa bulan yang lalu. Kita bisa melihat Wimo mendokumentasikan beberapa karya seni yang dipamerkan disana, ia kemudian mencetak dokumentasi foto tersebut dan memamerkannya sebagai bentuk responnya terhadap penjagaan serta aturan yang sangat ketat di Museum atau galeri yang yang melarang penggunaan fotografi, lihat dokumentasi karya Wimo lainnya disini.

Exhibition Name : Ishot
Place : The Goods Dept
Time : November 12 – Desember 10 2011
Artist : Wimo Ambala Bayang