Image

“Anto Arief adalah salah satu seniman muda kontemporer yang menjanjikan dari Bandung” Mengutip Gustaf H. Iskandar pendiri komunitas kreatif Common Room di Bandung. Memiliki latar belakang yang sangat kuat dimusik, karya terakhirnya ‘GroovinMixtape Project’ yang dipamerkandi Common Room akhir tahun lalu menarik perhatian kurator muda dari Belanda,  dan membawa Anto Arief ke Belanda untuk memamerkan karya tersebut di Art Amsterdam. Sebuah perhelatan seni rupa kontemporer terbesar di Belanda. Tak hanya itu karyanya pun juga di pamerkan di Tong Tong Fair di Den Haag Belanda.Membawa Anto Arief berada di Belanda selama sebulan penuh Mei kemarin.

Kini Anto Arief kembali dengan konsep karya terbarunya dengan melibatkan bandnya sendiri: 70s Orgasm Club. Project-nya adalah penggabungan merespon sebuah foto melalui drawing, lukisan, instalasi dan video, dengan perilisan mini album bandnya yang dilengkapi mini konser dan diskusi

Kata kuncinya adalah merespon. Menu utamanya adalah merespon sebuah foto menjadi beberapa buah karya yang saling berhubungan. Dan kemudian diaplikasikan menjadi kover album band 70s Orgasm Club yang dipembukaan pamerannya akan sekaligus bermain langsung (konser mini) serta menjual mini album terbatas yang hanya dijual dalam pameran ini. Untuk mendukung konsep itu akan dilakukan juga diskusi menghadirkan 3 nara sumber terkait dengan tema “Cinta, Benda Terbang Aneh & Psikedelia” pada hari penutupannya.

Pamerannya sendiri akan berlangsung 3 hari dan akan memamerkan 10 hasilr espon yang terdiri dari gambar, lukisan, instalasidan video merespon sebuah foto utama serta instalas iinstrumen musik yang akan digunakan

Mini album Supersonicloveisticated EP ini adalah rilisan pertama selama 8 tahun band ini terbentuk. EP ini merupakan intro untuk album penuhyang akan dikeluarkan akhir tahun ini. Dari rencana awal mengeluarkan album penuh dengan total 12 lagu yang sudah direkam,akhirnya diputuskan untuk merilis mini album dahulu.

4 lagu plus satu lagu versi akustik (khusus yang dibuat untuk mini album) termuat dalam EP ini. Tiga lagu sudah pernah dirilisdalam beberapa kompilasi beberapa tahun yang lalu. Seperti Supersoniclovesiticated (kompilasi Ripple mag, 2004), Peppermint, Insect (L.A.Light Indiefest 2006) & Love Bus (kompilasi majalah Provoke! 2008). Plus dua lagu baru yang belum pernah dirilis: Libido Schizophrenia danversi akustik Yellow Mellow, yang khusus direkam untuk EP ini (versielektriknya akan ada dalam album penuh)

Perpisahan
Setelah menghilang selama beberapa tahun terakhir karena kesibukan dan dua dari mereka sudah berkeluarga,akhirnyadiputuskan untuk dijalani oleh vokalis/gitaris/penulis lirikAnto Arief sendiri. Makanya perilisan album ini sekaligus penampilan terakhir 70s Orgasm Club dengan formasi lengkap. Ke depannya 70s Orgasm Club akan jalan dibantu oleh additional player.

Kolaborasi
Dari situ muncul ide untuk melebur perilisan Supersonicloveisticated EP ini menjadi projek seni terbaru Anto Arief, dengan kata kunci: merespon. Itulah mengapa mini album ini berkolaborasi dan dirilis oleh 34/7 Records di bawah bendera Unkl347, yang memiliki program kolaborasi dengan seniman & grup musikdengan nama “Friends Do It With Unkl”

Pameran & diskusi Antara Cinta Benda Terbang Aneh & Psikadelia
Ide pameran berangkat dari foto benda terbang aneh bidikan Dimas Theodora dari atas pesawat. Dari situ muncul ide untuk merespon foto itu dengan menjadikan projek seni. Karena ia menemukan ada korelasi antara cinta (yang menjadi tema lirik), benda terbang aneh (UFO)& psikadelia. Tiga hal yang menjadi fenomena di tahun 70an. Selain itu ketiganya juga sangat berhubungan dengan kondisi psikologi seseorang. Dandi jaman modern seperti sekarang pun ke tiga hal itu masih merupakan misteri.

Pameran 3 hari ini akan menampilkan 10 artwork asli yang menjadi kover Supersonicloveisticated EP. Juga ada diskusi bertema “Antara Cinta, Benda Terbang Aneh & Psikadelia” yang menghadirkan psikolog Audifax, Fanfan Darmawan dari Beta UFO Indonesia, dan Rudi pemilik toko merchandise rock: Hard N Heavy. Selain pameran & diskusi akan setiap harinya akan ada penampilan dj dan band Nada Fiksi, The Triangle, Tulus & Hightime Rebellion yang merespon 70s Orgasm Club

Waktu               : Pembukaan      7 April 2012

Artist talk          8 April 2012

Diskusi 9 April 2012

Tempat             : Lou Belle, jlSetiabudhi 56

Kegiatan           : Pameran&penampilan band

Hari 1

Pembukaan pameran dan penampilan 70s Orgasm Club serta penampilan Dj

17:00 – 18:00    : Pembukaan pameran & sambutan

18:00 – 19:00    : Acara musik

19:00 – 20:00    : DjRekti

20:00 – 21:00    : DjEgga

21:00                : Selesai.

Hari 2

Artist talk, dan penampilan band yang akan merespon 70s Orgasm Club.

16:00 – 18:00    : Artist talk

18:00 – 18:30    : Nada Fiksi

18:30 – 19:00    : Hightime Rebellion

19:00 – selesai  : DJ Melody Garcia

Hari 3

Diskusi tema Antara Cinta, Benda Terbang Aneh dan Psikadelia, dengan menampilkan 3 narasumber. Ada penampilan musisi teman dekat tampil manggung merespon 70s Orgasm Club.

16:00 – 18:00: Diskusi

18:00 – 18:30    : The Triangle

18:30 – 19:00    : Tulus

19:00 – selesai  : DJ Marah